Jokowi Janji Segera Duduk Bareng Tokoh Adat dan Agama Papua

- Jumat, 30 Agustus 2019 | 06:05 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji duduk bareng dengan tokoh Papua (Setkab).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji duduk bareng dengan tokoh Papua (Setkab).

Presiden Joko Widodo memiliki rencana bersua para tokoh adat dan agama Papua dalam waktu dekat. Pertemuan itu rencananya diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta. 

Jokowi sejatinya sudah merencanakan bertemu dengan para tokoh Papua, Minggu (1/9). Namun, padatnya kegiatan Presiden membuat agenda itu tertunda. 

"Kami sudah berusaha, tetapi waktunya saja belum memungkinkan. Kami akan lakukan dalam waktu yang secepatnya baik tokoh muda dan tokoh agama (Papua)," kata Jokowi di Alun-alun Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (29/8).

Pertemuan itu diagendakan untuk membahas percepatan pembangunan di Bumi Cenderawasih. Jokowi menegaskan pemerintah terus berkomitmen memajukan Papua, mulai dari infrastruktur hingga Sumber Daya Manusia (SDM).

"Agar kita semuanya, utama khususnya mama-mama, pace, mace, anak-anak Papua bisa lebih maju dan lebih sejahtera," ucapnya.

Jokowi juga menyinggung kisruh yang terjadi di Jayapura, Kamis kemarin. Dia mengimbau kepada seluruh elemen menjaga kerukunan bangsa dan tidak bertindak anarkis. 

"Kita semuanya akan rugi apabila ada fasilitas-fasilitas umum, fasilitas-fasilitas publik, fasilitas-fasilitas masyarakat yang kita bangun bersama jadi rusak atau dirusak," tutur Jokowi.

Sebelumnya, unjuk rasa kembali terjadi di sejumlah titik di Jayapura. Bahkan, Kantor Majelis Rakyat Papua di Kotaraja, Distrik Abepura, dibakar massa ketika melakukan aksi demo. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X