Fakta Terbaru Tentang Varian Omicron yang Perlu Diketahui

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 16:45 WIB
Ilustrasi varian Omicron. (REUTERS/Dado Ruvic)
Ilustrasi varian Omicron. (REUTERS/Dado Ruvic)

Virus corona varian Omicron yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan pada 24 November 2021, telah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai varian yang menjadi perhatian.

Keputusan tersebut berdasarkan fakta bahwa varian Omicron memiliki jumlah mutasi yang cukup banyak, sehingga memungkinkan penularan yang sangat cepat.

Baca juga: Omicron Lebih Berbahaya dari Varian Lainnya? Ini 3 Faktanya

Setelah hampir 3 minggu diidentifikasi, berikut fakta terbaru tentang varian Omicron:

1. Situasi Global

-
Tes Covid-19. (REUTERS/Eduardo Munoz)

Menurut WHO dan European Center for Disease Prevention and Control, kasus varian Omicron telah terdeteksi di 57 negara. Secara global, 1.458 kasus varian Omicron telah dilaporkan sejauh ini. Sebagian besar kasus dilaporkan di Afrika Selatan dan Inggris. Sampai saat ini, 360 kasus telah dilaporkan di Afrika Selatan dan 437 kasus dilaporkan di Inggris.

2. Penyebaran Varian Omicron

-
Perawat pasien Covid-19 Varian Omicron. (REUTERS/Amit Dave)

Menurut WHO, belum jelas jenis penyakit apa yang disebabkan oleh varian Omicron dan bagaimana cara penularannya. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, dan ada bukti konklusif untuk mengklarifikasinya.

3. Efektivitas Vaksin

-
Vaksin Covid-19. (REUTERS/Dado Ruvic)

Masalah efektivitas vaksin, bukti awal menunjukkan kemungkinan ada peningkatan nfeksi dengan varian Omicron tapi masih perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mencapai kesimpulan ilmiah. Sementara itu, menurut WHO, vaksin saat ini efektif melawan penyakit parah tetapi tidak jelas seberapa efektif vaksin tersebut terhadap varian Omicron.

4. Perlindungan Diri

-
Vaksinasi Covid-19. (REUTERS/Sumaya Hisham)

WHO juga merekomendasikan tindakan perlindungan diri yang serupa terhadap varian Omicron. Perlindungan yang dimaksud ialah, memaakai masker, menjaga jarak, vaksinasi, menjaga tangan tetap bersih, dan menghindari situasi yang penuh sesak.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X