Lagi Renovasi Rumah, Tukang Temukan Benda Mencurigakan di Plafon, Langsung Bikin Geger!

- Sabtu, 11 Februari 2023 | 12:19 WIB
Tukang temukan granat aktif di plafon rumah (Z Creators/Edelweis Ratushima)
Tukang temukan granat aktif di plafon rumah (Z Creators/Edelweis Ratushima)

Sedang merenovasi rumah, seorang tukang di Klaten, Jawa Tengah, menemukan sebuah benda mencurigakan di atas plafon. Tukang tersebut sempat memegang benda yang dibungkus dengan lakban. Karena takut berbahaya, benda itu langsung diletakkan di tempat semula.

Pekerja bangunan yang menemukan bernama Bagus Setyawan (28). Ia bekerja di rumah milik pasutri Wahyu – Zuria Musikasari (32) di Dukuh Tegal Setran, Desa Gergunung, Klaten Utara, Klaten, Jawa Tengah. Benda yang mencurigakan tersebut ternyata sebuah granat aktif!

-
Polisi langsung mengevakuasi granat aktif (Z Creators/Edelweis Ratushima)

Bagus menemukannya pada Kamis (9/2/2023) sore tapi baru dilaporkan ke Polsek Klaten Utara pada Jumat (10/2/2023) siang.

“Saya naik ke plafon ingin memperbaiki kabel yang putus, saya menemukan benda bulat mencurigakan yang terbungkus. Karena curiga, saya mencoba membuka bungkusnya. Lalu saya tanya ke teman saya, ini benda apa? Kata teman saya, itu granat. Karena takut, benda tersebut saya letakkan ke tempat semula,” kata Bagus.

-
Granat aktif, sudah berkarat (Z Creators/Edelweis Ratushima)

Sementara itu menurut sang pemilik rumah Zuria, rumah berukuran 6x6 meter tersebut ia beli dari Tanto warga setempat sekitar satu tahun yang lalu. Sebelum ia beli, rumah tersebut dikontrakkan oleh pemiliknya, sekitar 10 tahun lebih. Penyewanya berganti-ganti.

“Saat saya tanyakan ke keluarga Pak Tanto, waktu membangun rumah dulu, juga tidak ada granatnya. Mungkin yang menaruh adalah salah seorang yang menyewa rumah ini, mungkin lho ya, saya juga tidak tahu,” kata Zuria, saat ditemui Z Creator Edelweis Ratushima.

Tim Gegana Unit Surakarta sendiri sudah mengevakuasi granat tersebut pada Jumat (10/2/2023) sore.

-
Rumah TKP sudah dipasangi garis polisi (Z Creators/Edelweis Ratushima)

Komandan Tim (Dantim) Gegana Unit Surakarta, Aiptu Yunianto yang memimpin evakuasi tersebut menjelaskan, meskipun casing-nya sudah berkarat, granat tersebut masih dalam kondisi aktif. Beratnya sekitar 5 sampai 6 ons, panjang 10 centimeter, dan diameter 6 centimeter.

“Meski casing-nya sudah berkarat, namun granat jenis nanas ini masih aktif. Ini akan kami musnahkan di lapangan tembak Trucuk, Klaten.” Jelas Aiptu Yunianto.

Saat ini rumah Zuria sudah dipasangi police line atau garis polisi. Polisi mengimbau agar tidak ada kegiatan apapun di rumah tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X