Akibat Cuaca Buruk, Ratusan Wisatawan Terjebak di Karimunjawa

- Senin, 26 Desember 2022 | 19:17 WIB
Ilustrasi cuaca buruk. (freepik).
Ilustrasi cuaca buruk. (freepik).

Sebanyak 305 wisatawan dari berbagai daerah di Tanah Air terjebak di Pulau Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa  Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan cuaca buruk sehingga membuat karena kapal penumpang tidak bisa beroperasi lantaran tingginya ombak atau gelombang laut.
 
Camat Karimunjawa Muslikin, sebanyak 305 wisatawan yang tertahan itu tiba di Karimunjawa pada Rabu (21/12/2022). Sementara cuaca buruk, kata dia, mulai terjadi pada Kamis (22/12), karena perjalanan kapal penumpang yang biasanya melayani penyeberangan dari Pelabuhan Jepara ke Karimunjawa dan kembali lagi ke Jepara tertunda karena cuaca tidak mendukung.
 
Untuk jadwal kepulangan masing-masing wisatawan, kata dia, berbeda-beda, sehingga bisa saja ada yang sudah tiga hari menunggu kepulangan. Dalam rangka memberikan pelayanan kepada wisatawan, pemerintah melakukan pendataan untuk memastikan ada tidaknya wisatawan yang kehabisan bekal.

"Kami juga mendirikan posko pengaduan di Kantor Kecamatan Karimunjawa, siapa tahu ada yang hendak menyampaikan keluhannya," ujar dia sebagaimana dilansir Antara, Senin (26/12/2022). 

Baca Juga: Waspada! Kota Parepare Terancam Cuaca Buruk Hingga Akhir Tahun

Biro perjalanan wisata, kata Muslikin, juga sudah melakukan antisipasi terkait cuaca di laut setiap bulan Desember merupakan musim barat yang ditandai dengan gelombang laut tinggi. Kalaupun ada yang nekad melayani perjalanan wisata ke Karimunjawa saat musim barat maka dianggap sebagai keteledoran mereka.

"Kami juga masih mendata para wisatawan. Untuk sementara mereka hanya menginginkan bisa segera pulang karena ada yang harus kembali bekerja," tegas dia.

Baca Juga: Kecelakaan Pesawat di Dogiyai Papua, Polisi: Akibat Cuaca Buruk

Siapkan Penjemputan bagi Wisatawan

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkoordinasi dengan otoritas PT Pelni untuk membantu menjemput ratusan wisatawan yang terjebak di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, akibat tingginya ombak atau gelombang laut.

“Saya minta kapal dari Pelni untuk ke sana, tapi mereka (wisatawan yang terjebak) kami minta tenang dulu di sana dan sudah diurus, Pak Bupatinya sudah laporan ke kami,” kata Ganjar dilansir Antara.

Ia meminta agar kondisi kesehatan para wisatawan yang terjebak itu diperhatikan sambil menunggu bantuan dan penjemputan. Ganjar juga mengingatkan agar jangan sampai para wisatawan tersebut kekurangan logistik.

“Saya minta untuk dipastikan ya, kepada seluruh wisatawan yang di sana jangan sampai kekurangan logistik, pastikan kesehatannya siap sambil menunggu dan sampai hari ini semua masih oke oke saja,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X