Pemuda Warga Jember Terlantar di Bandara Kamboja, Diduga Korban TPPO

- Kamis, 22 Juni 2023 | 16:53 WIB
Seorang pria diduga korban TPPO di Kamboja. (Z Creators/Arka Hatta)
Seorang pria diduga korban TPPO di Kamboja. (Z Creators/Arka Hatta)

Nasiruddin (22) warga Dusun Ledok, Desa Sidomukti, Kecamatan Mayang, Jember, mengaku terlantar di Bandara Internasional Siem Reap, Kamboja, Rabu malam (21/6) kemarin.

Nasiruddin diduga korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Nasiruddin diketahui terlantar di bandara tersebut, saat menghubungi Kepala Desa Sidomukti Sunardi Hadi melalui sambungan telepon.

"Pemuda itu warga saya, informasi yang saya tahu diduga korban TPPO. Korban kemarin malam telepon saya posisi ada di Bandara Siem Reap, Kamboja. Korban berangkat ke Kamboja sebagai TKI. Tapi sepertinya lewat jalur ilegal," kata Sunardi saat dikonfirmasi Z Creator Arka Hatta di kantornya, Kamis (22/6/2023).

Baca Juga: Geger Kasus TPPO Penjualan Ginjal, Mabes Polri: Masih dalam Penyelidikan!

Informasi yang diterima soal dugaan korban TPPO, kata Sunardi, didapatkan dari orang tuanya sendiri.

"Bapak korban lapor ke saya kalau anaknya terlantar di bandara itu. Berangkatnya kapan saya juga belum dapat infonya. Tapi yang jelas dari semalam diupayakan untuk membantu korban ini dulu. Saya sudah koordinasi dengan Disnaker Jember dan BP3MI (Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia) Surabaya," sambungnya.

Lebih lanjut Sunardi menjelaskan, Nasiruddin yang notabene warganya di Desa Sidomukti itu. Berangkat ke Kamboja untuk bekerja sebagai TKI.

"Tapi karena (diduga) lewat jalur ilegal, terjadilah hal ini. Bahkan info sementara yang saya dapat, anak ini bekerja di sebuah perusahaan yang merupakan tempat Judi Online," tuturnya.

-
Seorang pria diduga korban TPPO di Kamboja. (Z Creators/Arka Hatta)

Terkait upaya untuk dapat membantu dan menolong korban tersebut. Diketahui juga langsung mendapat perhatian dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Jember.

Menurut Sub Koordinator Perlindungan PMI (Pekerja Migran Indonesia) Disnaker Jember Ridha Herawati, beruntung korban dugaan TPPO ini masih bisa memegang ponsel. Sehingga dapat berkoordinasi dengan keluarga yang ada di Jember.

Ridha juga membenarkan, tentang kondisi korban yang terlantar di bandara tersebut. Saat ini pihaknya juga sudah koordinasi dengan KBRI di Kamboja.

"Tadi malam kami di telpon Pak Kades Sidomukti itu, bahwa ada warganya yang di Kamboja. Kalau menurut Pak Kades, (korban) infonya bukan lari. Tapi sama pihak perusahaan itu diantar ke bandara (kemudian ditinggal). Ya diduga ditelantarkan itu," kata Ridha saat dikonfirmasi terpisah di kantornya.

Setelah dari komunikasi itu, kata Ridha, Disnaker Jember langsung berkoordinasi dengan BP3MI Surabaya.

"Yang kemudian kita menghubungi anak itu (Nasiruddin), saran dari kita agar menghubungi atau berangkat ke KBRI. Tapi karena menurut yang bersangkutan (korban) tidak punya uang. Jadi bingung," ujarnya menjelaskan.

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X