Rusia Ujicoba Rudal, Amerika Serikat Kerahkan Kapal Selam
Ilustrasi Kapal Selam USS New Mexico milik Amerika Serikat. (REUTERS/Antonio Parrinell)
News

Rusia Ujicoba Rudal, Amerika Serikat Kerahkan Kapal Selam

Bawa rudal terbaru.

Kamis, 06 Februari 2020 05:03 WIB 06 Februari 2020, 05:03 WIB

INDOZONE.ID - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) pada Selasa (4/2/2020), mengumumkan pengerahan kapal selam yang membawa rudal jarak jauh terbaru, dengan hulu ledak nuklir yang relatif lebih kecil.

Dilansir Reuters, Rabu (5/2/2020), langkah ini diambil Pentagon sebagai reaksi atas ujicoba rudal sejenis yang dilakukan oleh Rusia. 

"Kemampuan ini memperkuat pencegahan, memberikan Amerika Serikat senjata strategis cepat yang dapat bertahan lebih lama," kata Wakil Menteri Pertahanan Amerika Serikat John Rood dalam pernyataannya yang dikutip Reuters

Kendati berukuran lebih kecil, dengan daya hancur yang kurang dari 20 kiloton. Namun, kekuatannya sama seperti bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima pada Perang Dunia II tahun 1945 lalu.

Pejabat militer Amerika Serikat sendiri mengatakan, penggunaan senjata dengan hulu ledak nuklir lebih kecil, lebih berfungsi sebagai pencegah yang efektif dan mungkin untuk digunakan. Dibanding dengan bom nuklir yang berukuran lebih besar. 

Namun, hal ini memicu kekhawatiran kalangan kritikus dan pengamat yang menilai, 'perlombaan' untuk mengurangi daya ledak nuklir yang dimiliki, justru membuat peluang perang nuklir terwujud semakin besar.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Fauzi

Fauzi

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU