The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lahan Makin Sempit, Kementerian PUPR Dorong Milenial Tinggal di Hunian Vertikal
Ilustrasi apartemen. (Pexels/Luis Quintero)
News

Lahan Makin Sempit, Kementerian PUPR Dorong Milenial Tinggal di Hunian Vertikal

Lahan terbatas.

Kamis, 13 Agustus 2020 19:05 WIB 13 Agustus 2020, 19:05 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong agar generasi milenial di Indonesia untuk mau tinggal di hunian vertikal, mengingat jumlah lahan untuk perumahan yang semakin terbatas di kawasan perkotaan.

“Saat ini lahan di kawasan perkotaan untuk lokasi perumahan tampak semakin terbatas. Maka pembangunan hunian vertikal menjadi pilihan bagi generasi milenial jika ingin tinggal dan bekerja di kawasan perkotaan,” ujar Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Anita Firmanti dalam kegiatan Webinar Serial I Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2020, Kamis (13/8/2020).

Menurut Anita, pembangunan hunian vertikal seperti rumah susun dan apartemen akan mendorong penggunaan tanah yang lebih efektif dan jumlah unit hunian yang cukup banyak. Selain itu, dengan tinggal di hunian vertikal di kawasan perkotaan, generasi milenial dapat lebih mudah menjangkau kawasan perkantoran yang menjadi lokasi kerjanya.

“Tentunya hal itu juga harus disesuaikan dengan penghasilannya. Jika memang penghasilannya belum mencukupi untuk memiliki unit hunian tersebut para generasi juga dapat memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari perbankan,” ujarnya.

Anita menambahkan, selain mendorong sejumlah kawasan transit oriented development (TOD) yang menyatukan antara kawasan hunian dengan moda transportasi, pemerintah juga mendorong perbankan untuk bisa mempermudah penyaluran KPR untuk para generasi milenial. Dengan demikian, generasi milenial akan lebih tertarik untuk menyisihkan penghasilannya untuk membeli aset seperti rumah.

Generasi milenial juga harus memikirkan aset rumah sebagai tempat tinggalnya di masa mendatang,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur BTN Hirwandi Gafar menerangkan, pihaknya siap membantu generasi milenial untuk memiliki rumah yang layak huni baik rumah tapak maupun rumah susun. Bank BTN pun telah menyalurkan KPR untuk ratusan ribu rumah di Indonesia serta merupakan bank yang fokus dalam program perumahan di Indonesia.

“Kami siap menyalurkan KPR bagi generasi milenial yang memang berniat tinggal di hunian vertikal. BTN merupakan satu-satunya bank yang memang fokus pada program perumahan dan menjadi mitra pemerintah dalam program sejuta rumah,” pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
Sigit Nugroho

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US