Elite Politik Mulai Saling Baper nih

- Rabu, 2 Oktober 2019 | 12:46 WIB
Ketua Umum NasDem Surya Paloh (kiri) dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan). (Kolase/Antara/Nova Wahyudi/Galih Pradipta)
Ketua Umum NasDem Surya Paloh (kiri) dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan). (Kolase/Antara/Nova Wahyudi/Galih Pradipta)

Mulai panasnya hubungan beberapa elite politik terlihat dalam pelantikan anggota DPR, MPR, dan DPD, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10). Anak milenial biasa menyebutnya dengan istilah baper (bawa perasaan).

Ada momen yang memperlihatkan keretakan di antara para petinggi partai. Momen itu terjadi saat Megawati menyalami sejumlah orang yang turut hadir di acara tersebut.

Dalam video yang viral di media sosial, Ketua Umum PDI Perjuangan itu tampak tak menyalami Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Saat melewati Surya Paloh, Megawati tampak memalingkan wajahnya ke arah lain. Sementara Surya Paloh juga tak memperlihatkan gesture untuk berjabat tangan dengan Megawati. Bos Media Group itu hanya berdiri. 

Menariknya, Megawati kemudian menyalami Wakil Presiden Terpilih KH Ma'ruf Amin dan Ketum PPP Suharso Monoarfa yang duduk tak jauh dari Surya Paloh.

Momen ini semakin menguatkan kabar hubungan keduanya sudah retak. Disharmoni ini sudah tercium sejak Megawati nampak 'mesra' dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pasca-Pilpres 2019.

Juga Tak Salami AHY

Dalam video tersebut, Megawati juga nampak tak tak menanggapi uluran tangan putra pertama Presiden Keenam Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

AHY saat itu sudah mengulurkan tangan untuk berjabat tangan dengan Megawati. Sayangnya, uluran tangan AHY tak mendapat balasan dari wanita berusia 72 tahun tersebut yang terus melangkah ke depan.

Namun, sebelum momen ini terjadi, Megawati sudah memberikan senyuman dan anggukan kepala membalas salam menjura (membungkuk dengan menangkupkan kedua tangan dengan maksud memberi hormat,red) dari AHY. 

Dibantah Kader PDIP dan Nasdem

Keretakan hubungan Megawati dengan Surya Paloh dibantah, baik dari kader PDIP dan NasDem. Politikus PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan, hal itu terjadi bukan karena kesengajaan.

"Ketika dalam komunitas yang banyak orangnya, ada yang salaman, ada yang tidak. Itu biasa," ujar Hendrawan. 

Sementara Ketua DPP NasDem Martin Manurung meminta hal ini tak perlu dibesar-besarkan.

"Pak Surya juga kan sudah menunjukkan gesture berdiri, Ibu Megawati pas lihat ke kiri. NasDem selalu berprasangka baik," tuturnya.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X