Gubernur Texas Resmi Cabut Aturan Wajib Memakai Masker, Pejabat Didenda Kalau Paksa Warga

- Kamis, 20 Mei 2021 | 11:04 WIB
Warga di Tampa protes meminta penggunaan masker ditiadakan (Ilustrasi/REUTERS/Octavio Jones)
Warga di Tampa protes meminta penggunaan masker ditiadakan (Ilustrasi/REUTERS/Octavio Jones)

Gubernur Texas Greg Abbott pada Selasa (18/5/2021), memerintahkan sekolah umum di wilayahnya tidak lagi mewajibkan penggunaan masker. Perintah in bertentangan dengan pedoman terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS demi keselamatan siswa di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu, Abbott juga melarang lembaga pemerintah negara bagian Texas mewajibkan pemakaian masker, sejak Jumat (21/5/2021).

Abbott mengatakan Texas tengah melakukan vaksinasi, terapi antibodi, dan praktik keselamatan kesehatan sukarela, sehingga persyaratan masker tidak lagi diperlukan.

"Kami dapat terus mengurangi Covid-19 sambil mempertahankan kebebasan orang Texas untuk memilih apakah mereka bermasker atau tidak," katanya.

Pemerintah Texas bahkan menggugat pejabat di Austin, ibu kota Texas, gara-gara menolak mengikuti perintah Abbott. Abbott juga akan mendenda pejabat hingga US$1.000 (sekitar Rp14,5 juta) jika memaksa warga memakai masker.

Kebijakan ini tak ayal membuat Abbott berselisih dengan CDC yang meminta pelajar tetap memakai masker di tahun akademik 2020/2021.

Selain Gubernur Texas, Gubernur New York Andrew Cuomo juga mengumumkan mencabut persyaratan memakai masker untuk warga yang telah disuntik vaksin Covid-19.

Langkah ini diikuti sebagian besar gubernur, namun mereka mengizinkan masing-masing daerah menerapkan kebijaksanaan tersendiri terkait pelonggaran penggunaan masker.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X