Berikut 7 Pemimpin Negara Paling Kaya di Dunia

- Jumat, 19 Juli 2019 | 16:35 WIB
photo/REUTERS/Maxim Shemetov/Hamad I Mohammed/Stringer
photo/REUTERS/Maxim Shemetov/Hamad I Mohammed/Stringer

Ada banyak deretan nama yang masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia, termasuk di antaranya adalah pemimpin di berbagai negara yang ada di dunia. Para pemimpin negara dan pemerintahan ini memperoleh kekayaan dengan berbagai cara, mulai dari hasil bisnis dan investasi, atau bahkan dari kekuasaannya sejak memimpin negaranya.

Maka tak heran jika beberapa pemimpin negara di dunia bisa bergelimang harta, bahkan dihitung tidak akan habis sekalipun diturunkan kepada anak-cucunya. Siapa saja mereka? Berikut ini 7 pemimpin negara paling kaya di dunia, yang sudah dirangkum Indozone, Jumat (18/7):

1. Muammar Gaddafi

-
photo/REUTERS/Ahmed Jadallah

Pemimpin Libya, Muammar Gaddafi, mendapatkan penghargaan tertinggi sebagai pemimpin terkaya di dunia. Jumlah kekayaan yang dimilikinya mencapai 200 miliar dolar AS. Kekayaan itu berasal dari rekening bank rahasia, investasi, transaksi real estate, dan pendapatan minyak negara.

2. Vladimir Putin

-
photo/REUTERS/Maxim Shemetov

Presiden Rusia ini menerima gaji resmi sebesar 673 ribu dolar AS sejak 2011 hingga 2016. Namun, diketahui kekayaan bersihnya justru mencapai 200 miliar dolar AS pada tahun 2017. Laporan ini menguatkan bahwa Vladimir Putin memanipulasi uang yang tersebar di sejumlah bank dan hasil investasi di Barat.

3. Mahathir Mohammad

-
photo/REUTERS/Issei Kato

Perdana menteri tertua di dunia, Mahathir Mohammad, berkuasa di pemerintahan Malaysia dari tahun 1981 hingga 2003. Bulan Mei 2019, dia kembali menjabat sebagai perdana menteri negara tersebut. Pemimpin berusia 93 tahun itu diketahui memiliki tabungan hingga 45 miliar dolar AS di 50 bank di seluruh dunia.

4. Hassanal Bolkiah

-
photo/ REUTERS/Ahim Rani

Sultan Brunei Darussalam ini disebut paling banyak hidup dengan kemewahan. Kekayaannya saja mencapai 20 miliar dolar AS. Selain itu, dia memiliki 7.000 mobil mewah yang rata-rata bermerek Rolls Royces, Mercedes, dan Ferrari. Total kekayaan Bolkiah mencapai 20 miliar dolar AS.

5. Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum

-
photo/REUTERS/Hamad I Mohammed

Dubai, salah satu kota di Uni Emirat Arab yang besar karena hasil minyak di negaranya. Bukan cuma itu, pemimpinnya Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum dilaporkan memiliki kekayaan mencapai 18 miliar dolar AS.

6. Hans Adam II

-
photo/ww.fuerstenhaus.li

Pangeran Hans membuat aturan wajib pajak menabung di banknya sendiri. Dia mengaku kekayaannya mencapai 3,5 miliar dolar AS. Angka itu berasal dari regulasi bank yang longgar sehingga sebagian uang rakyat masuk ke rekening pribadinya.

7. Kim Jong Un

-
photo/ REUTERS/Stringer

Terkenal sebagai pemimpin diktator Korea Utara, Kim Jong Un tercatat sebagai salah satu pemimpin negara terkaya di dunia. Padahal, kondisi Korea Utara sedang dalam masa sulit, namun dia justru memiliki jumlah kekayaan hingga 5 miliar dolar AS. Jumlah tersebut mencapai hampir seluruh kekayaan negara.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X