Inilah Deretan Orang Terkaya Sepanjang Sejarah Dunia

- Jumat, 19 Juli 2019 | 16:03 WIB
photo/obrienillustration.com/www.thenational.ae/Wikipedia
photo/obrienillustration.com/www.thenational.ae/Wikipedia

Mungkin sebagian orang pernah bertanya-tanya, siapa sebenarnya sosok orang terkaya di dunia karena selama ini masih menjadi perdebatan. Kebanyakan orang hanya mengetahui beberapa nama seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, atau Jeff Bezos. Tapi sebenarnya, kekayaan para miliarder tersebut tidak jauh lebih banyak daripada orang-orang terkaya sepanjang sejarah umat manusia.

Lantas, siapa saja mereka? Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Jumat (18/7), berikut ini deretan orang-orang terkaya sepanjang sejarah dunia.

1. Mansa Musa

-
photo/obrienillustration.com

Menurut pakar sejarah dari Ferrum College, Richard Smith, kerajaan yang dipimpin oleh Raja Timbuktu, Mansa Musa adalah produsen emas terbesar di dunia. Karena itu, kekayaan Mansa Musa tidak bisa digambarkan secara akurat. Berbagai sumber kontemporer menggambarkan kekayaan Musa dalam istilah yang tidak mungkin dicapai pada masa itu.

2. John D. Rockefeller

-
photo/Wikipedia

Inilah pria terkaya dalam sejarah Amerika Serikat. Meski bergelimang harta, dia dikenal sebagai dermawan yang rajin berdonasi. Rockefeller mendirikan perusahana minyak Standard Oil pada tahun 1870. Dari situlah, dia berhasil menguasai dan mengontrol 90% bisnis minyak di Amerika Serikat. Kekayaannya ditaksir mencapai 367 triliun dolar AS.

3. Genghis Khan

-
photo/Wikipedia

Gengkhis Khan tercatat dalam sejarah sebagai orang terkaya di dunia. Dia berhasil menyatukan suku-suku nomaden Mongolia di bawah satu kekuasaan dan sukses menjadikan pemerintahannya sebagai yang paling ditakuti di dunia. Daerah kekuasannya meliputi area jutaan mil, termasuk Asia dan Eropa. Ini adalah jangkauan wilayah kekuasaan melebihi taklukan penguasa manapun. Untuk kekayaannya sendiri diketahui mencapai 100 triliun dolar AS.

4. Kaisar Shenzong of Song

-
photo/Wikipedia

Masa pemerintahan Shenzong disebut sebagai era kemakmuran damai dan kelimpahan primer. Saat itu, dia berhasil menguasai sekitar 30% dari pendapatan global, setara dengan 30 triliun dolar AS saat ini. Inilah yang akhirnya membuat Shenzong masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.

5. Khalifa bin Zayed al-Nahyan

-
photo/www.thenational.ae

Presiden Uni Emirat Arab dikenal sebagai salah satu pemimpin terkaya di dunia. Harta kekayaannya mencapai 23 miliar dolar AS atau sekitar Rp311 triliun. Tak hanya dari bisnis minyak yang ia jalani, Al Nahyan juga membantu pengelolaan dana investasi 600 miliar dolar AS. 

6. Bhumibol Adulyadej

-
photo/Reuters/Sukree Sukplang)

Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej masuk ke dalam daftar pemimpin terkaya di dunia. Bagaimana tidak, Adulyadej menguasai pasar saham hampir di seluruh dunia. Kekayaannya saja dihitung sampai 30 miliar dolar AS.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X