Pencipta Komik Asterix Albert Uderzo Meninggal Dunia di Usia 92

- Rabu, 25 Maret 2020 | 09:17 WIB
Pencipta karakter dan komik Asterix Alber Uderzo meninggal dunia (REUTERS/Alex Grimm)
Pencipta karakter dan komik Asterix Alber Uderzo meninggal dunia (REUTERS/Alex Grimm)

Komikus asal Perancis, Albert Uderzo dikabarkan meninggal dunia secara mendadak karena serangan jantung. Ilustrator sekaligus pencipta komik Asterix tersebut meninggal di usianya yang ke-92.

Melansir dari AFP, kabar duka tersebut telah dikonfirmasi oleh menantunya Bernard De Choisy pada Selasa (24/3/2020) waktu setempat. Menurutnya, ayah mertuanya itu meninggal di rumahnya yang terletak di kawasan Neully, Perancis karena serangan jantung akibat kelelahan. 

"(Beliau) meninggal dunia dalam tidurnya di rumahnya di kawasan Neully karena serangan jantung dan tidak berhubungan dengan virus corona. Ia sangat kelelahan di beberapa minggu terakhirnya," ucap Bernard De Choisy kepada AFP.

Albert Uderzo merupakan satu dari dua pencipta komik Asterix. Ia bekerjasama dengan mendiang Rene Gosciny dalam menciptakan tokoh yang dikenal sebagai budaya pop Perancis. 

Sudah lebih dari 370 juta cetakan terjual di seluruh dunia, 11 film dan Asterix Theme Park. Asterix sendiri sudah memiliki 38 komik yang terbit dari 1961 silam sampai 2019. 

Albert Uderzo bekerjasama Rene Goscinny menulis dari volume 1 sampai 24 dengan dua kumpulan cerita yang terbit di volume 32 dan 34. Namun setelah Goscinny meninggal, Uderzo meneruskan sendiri komik tersebut mulai dari volume 25 sampai 33. 

Setelah itu, komik Asterix ditulis oleh Jean-Yves Ferri dan Didier Conrad semenjak volume 35 sampai 38. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X