Mendagri Tito Sebut Ideologi Hanya Bisa Dilawan dengan Ideologi

- Selasa, 26 November 2019 | 15:49 WIB
Antara/Puspa Perwitasari
Antara/Puspa Perwitasari

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut bahwa ideologi hanya bisa dilawan dengan ideologi. Ia berpesan kepada para gubernur dalam kegiatan Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) agar terus menanamkan ideologi Pancasila di setiap kesempatan.

"Ideologi hanya bisa dikalahkan dengan ideologi, ideologi mana yang bisa kita ambil untuk mengalahkan ideologi yang mungkin bisa membahayakan negara ini, ya Pancasila," ujar Tito.

Setiap pembuatan regulasi oleh kepala daerah harus berasaskan ideologi Pancasila, termasuk di setiap kegiatan seperti apel, acara formal, dan kegiatan lainnya.

Setiap daerah harus terus menggaungkan ideologi Pancasila dan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Menurutnya, dengan cara seperti itu, tidak akan memberikan ruang kapada ideologi lain untuk masuk.

"Ini akan mereduksi dan tidak memberi ruang kepada ideologi lain masuk," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Tito juga sempat menyinggung soal cara berpakaian aparatur sipil negara (ASN). Menurut dia, ASN sebaiknya mengikuti aturan dan cara berpakaian yang telah diatur sesuai ketentuan.

"Sudah ada tata caranya, hari Senin pakai apa, Selasa pakai apa, Rabu apa. Kemudian panjangnya berapa, mirip dengan di TNI dan Polri juga sudah ada aturan-aturan, lebarnya kemudian apanya bentuknya, warnanya dan seterusnya," kata Tito.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X