Lima Benda Ciptaan Manusia yang Disembah Sebagai Tuhan

- Sabtu, 3 Agustus 2019 | 14:31 WIB
photo/Retina Charmer Photography/library.icym.my
photo/Retina Charmer Photography/library.icym.my

Menilik sejarah, pada zaman dahulu kala tepatnya sebelum mengenal agama yang ada saat ini, manusia masih menyembah berhala. Manusia menyembah api, gunung, laut, hingga patung sebagai wujud Tuhan yang diyakini.

Seiring berjalannya waktu dan peradaban semakin maju hingga saat ini, manusia sudah memiliki agama dan kepercayaan. Di Indonesia sendiri, ada 5 agama yang diakui yakni Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu. 

Namun pada kenyataannya, agama yang diyakini manusia tidak hanya itu. Bahkan, sampai saat ini masih banyak keyakinan yang diambil dari ritual adat atau lainnya di masing-masing negara, termasuk menyembah benda-benda di sekitar sebagai Tuhan. Padahal, benda-benda itu dibuat oleh tangan manusia.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Sabtu (3/8), berikut ini lima benda ciptaan manusia yang sampai sekarang masih disembah sebagai Tuhan:

1. Pohon Rupa Yesus

-
photo/Ist

Warga Kristen di desa Burmakino, Rusia menyembah pohon yang diklaim menyerupai wajah Yesus Kristus di batang bagian dalam. Awalnya, warga desa tidak menyadari hingga akhirnya mendapati ada bentuk lengkungan seperti gereja di pohon itu.

Desa Burmakino tidak memiliki gereja. Karena itu, warga desa tersebut sampai saat ini menyembah dan berdoa di depan pohon itu. Batang pohon itu diyakini bergambar bangunan gereta ortodoks Rusia.

2. Boneka Barbie

-
photo/World Religion News

Di daerah Pulau Ubin, Singapura, ada sebuah kuil yang sudah berusia lebih dari 117 tahun. Kuil tersebut menempatkan boneka Barbie di salah satu sudut altarnya. Konon katanya, jika berdoa di kuil ini dan menyembah boneka itu, maka dia akan memperoleh kecantikan luar biasa.

3. Teko Raksasa

-
photo/library.icym.my

Seorang pria tua bernama Ariffin Muhammad atau akrab disapa Ayah Pin di Malaysia, sempat viral setelah mengaku pernah didatangi malaikat ketika sedang ditimpa sakit. Sejak saat itu, Ayah Pin mengumpulkan massa dan membentuk sebuah aliran sesat yaitu Perennial, penggabungan seluruh unsur agama menjadi satu.

Pengikut ajaran Ayah Pin ini mendatangi masjid, gereja, dan kuil. Bahkan, yang paling kontroversi adalah mereka menyembah teko raksasa yang dipercaya sebagai salah satu lambang limpahan rezeki dari surga. Setelah bertahun-tahun aliran sesat ini ada, akhirnya pada tahun 2005, Ayah Pin dan para jemaatnya ditahan.

4. Daging Bakon

-
photo/Imgur

Daging bakon adalah salah satu jenis olahan daging dari perut babi. Biasanya, daging ini banyak ditemukan di dalam menu burger dan makanan khas Amerika lainnya. Namun ternyata, di Las Vegas, Amerika Serikat, ada satu aliran kepercayaan bernama United Church of Bacon. Aliran ini memiliki ratusan pengikut. Anehnya, mereka semua secara terbuka mengaku telah menyembah daging bakon sebagai Tuhan.

Bahkan, di laman resmi mereka, dicantumkan berbagai layanan yang dibuka oleh gereja bakon itu, mulai dari pembaptisan, pernikahan, dan pemakaman. Mereka juga rutin melakukan ritual penyembahan daging bakon. Pendiri gereja bakon ini diketahui seorang penganut Atheis bernama John Whiteside. Slogan para jemaat gereja bakon adalah 'Bacon is our God. Because Bacon is real".

5. Sepeda Motor

-
photo/Retina Charmer Photography

Sejumlah penduduk desa di India membangun sebuah kuil untuk menyembah sepeda motor yang diberi bunga-bungaan, syal, dan tali. Kepercayaan aneh ini bermula dari tahun 1991, ketika Om Banaji atau Om Banna mengendarai sepeda motor kesayangannya bernama Peluru. Dalam perjalanannya, dia mengalami kecelakaan fatal.

Pihak kepolisian pun berhasil mengamankan motor itu. Anehnya, motor itu justru kembali lagi ke tempat kejadian padahal polisi sudah mengikat erat dengan tali. Beberapa kali hal itu terjadi, hingga akhirnya motor itu disimpan di kuil bernama Kuil Peluru Baba di negara bagian Rajasthan, India. Sampai sekarang, banyak orang yang menyembah motor itu sebagai Tuhan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X