Presiden Jokowi dan Keluarga Soeharto Kurban Sapi di Masjid Agung Solo, Dibagikan ke Panti

- Rabu, 28 Juni 2023 | 08:40 WIB
Sapi kurban dari Presiden Jokowi (Z Creators/Ari Welianto)
Sapi kurban dari Presiden Jokowi (Z Creators/Ari Welianto)

Masjid Agung Surakarta, mendapatkan kiriman dua ekor sapi untuk Idul Adha 1444 Hijriah dari Presiden Jokowi dan keluarga mantan Presiden Suharto.

Sapi dari Presiden Jokowi berjenis simental dengan 1,8 ton yang didatangkan dari Ungaran. Sedangkan sapi dari keluarga mantan Presiden Suharto berjenis limosin dengan berat 647 kg.

"Sapi dari keluarga Suharto tiba, Senin (26/6/2023) kemarin, kalau dari Pak Jokowi baru saja, sekitar pukul 14.45 WIB," terang Sekretaris Takmir Masjid Agung Surakarta, Abdul Basid saat ditemui, Selasa (27/6/2023).

Baca juga:Nambah Dibanding 2022, Presiden Jokowi Berikan 38 Sapi untuk Idul Adha Tahun Ini

-
Sapi kurban dari Presiden Jokowi (Z Creators/Ari Welianto)

Dia menjelaskan, tahun 2023 ini ada tambahan sapi kurban dari keluarga mantan Presiden Suharto. Ada empat nama pada sapi tersebut, yakni Siti Hediati Hariyadi binti Suharto (Titik Suharto), Ragowo Hedriprasetyo bin Prabowo Subianto, Suharto bin Kertosudiro, dan Siti Hartinah binti Sumoharyomo.

"Kalau dari keluarga Suharto ini baru pertama ini. Kalau Presiden Jokowi, alhamdulillah masih menyerahkan hewan kurban di sini (Masjid Agung) bahkan rutin setiap tahun sejak menjabat Wali Kota Solo," ungkapnya.

Rencananya, kedua ekor sapi bersama hewan kurban lainnya akan disembelih pada Kamis (29/6/2023), setelah salat Ied.

"Ini akan kita sembelih Kamis setelah salat Ied," tambahnya.

-
Sapi kurban dari keluarga Mantan Presiden Suharto (Z Creators/Ari Welianto)

Baca juga: Jelang Idul Adha PPP Salurkan Hewan Kurban ke Ponpes hingga Ormas Islam di Jabodetabek

Sejauh ini baru lima ekor sapi dan delapan kambing yang sudah masuk di Masjid Agung Surakarta untuk disembelih. Kemungkinan masih bisa bertambah jumlahnya, karena terakhir menerima hari Kamis besok.

"Ini baru lima ekor sapi dan delapan kambing yang baru masuk. Hari kamis nanti terakhir kami menerima hewan kurban," bebernya.

Terkait dengan pembagian hewan kurban, Abdul mengatakan akan mendahulukan warga sekitar masjid dulu dan fakir miskin. Daging kurban juga akan dikirimkan ke panti asuhan.

"Kita bagikan ke warga dahulu. Baru siangnya ke panti asuhan," jelasnya.

-
Sapi kurban dari Presiden Jokowi (Z Creators/Ari Welianto)

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X