Tingkatkan Mutu Pelayanan, TransJakarta Optimis Capai Target 4 Juta Pelanggan di 2025

- Sabtu, 17 Juni 2023 | 11:15 WIB
Bus Transjakarta mengantre untuk mengangkut penumpang di Halte Bundaran Senayan, Jakarta. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)
Bus Transjakarta mengantre untuk mengangkut penumpang di Halte Bundaran Senayan, Jakarta. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Melalui peningkatan mutu pelayanan, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) optimis bisa mencapai target empat juta pelanggan tahun 2025 mendatang.

Adapun peningkatan mutu pelayanan dengan cara meningkatkan produktivitas, hingga mempertimbangkan beban penumpang (load factor).

"Mekanisme yang bisa kita lakukan untuk mencapai empat juta pelanggan itu yakni yang sifatnya peningkatan produktivitas dan beban penumpang (load factor)," kata Direktur Utama PT TransJakarta, Welfizon Yusa kepada wartawan di Jakarta Selatan, Sabtu (17/6/2023).

Baca juga: Mudahkan Transit Penumpang Jadi Alasan TransJakarta Revitalisasi Sejumlah Halte

Welfizon menyebut, pihaknya juga akan menambah jaringan baru di daerah yang belum terlalu padat, tapi kini jadi pusat perkantoran.

Dia mencontohkan, jika dulunya pusat perkantoran banyak berada di Sudirman dan Kuningan maka sekarang juga merambah pada kawasan TB Simatupang yang kini juga banyak tersebar kantor multinasional.

"Itu kan menjadi wilayah atau area yang harus kita fokus untuk melihatnya," tambahnya.

-
Direktur Utama PT TransJakarta Welfizon Yusa memberikan keterangan kepada wartawan di Jakarta Selatan. ANTARA/Luthfia Miranda Putri

Dia juga membenarkan, akan ada penambahan armada dengan memperhatikan kebutuhan mobilitas masyarakat DKI di suatu kawasan.

"Banyak hal juga yang perlu diubah untuk mencapai empat juta pelanggan seperti pola kerja, kita dorong semua pemimpin dan lainnya turun ke lokasi lihat kondisinya apa. Langsung temukan solusinya di situ," bebernya.

Baca juga: TransJakarta Layani Pemilir yang Tiba Dini Hari di Terminal Kampung Rambutan

Adanya pengecekan ke setiap lokasi ini, menurut dia harus terjun untuk mengetahui fakta yang ada di lapangan dengan mendengarkan langsung keluhan pelanggan.

Selain itu, pihaknya juga menggencarkan strategi tarik (pull strategy) dimana memperhatikan waktu tunggu (waiting time) hingga harga dan akses layanan yang terjangkau untuk menarik minat pelanggan.

"Kalau BRT kita fokuskan waktu perjalanan (travel time) dan sterilisasi koridor, kalau non BRT ada beberapa bus stop itu kapasitasnya besar disediakan mesin sentuh (tap) kartu elektronik portabel," imbuhnya.

Sebelumnya, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) melayani 1.001.564 pelanggan pada Selasa (13/6) atau naik 40.977 pelanggan (4,1 persen) dibandingkan Selasa (6/6).

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X