Menteri PPPA Cek Kesiapan Fasilitas Mudik Ramah Perempuan dan Anak di Stasiun Pasar Senen

- Senin, 17 April 2023 | 10:23 WIB
Menteri PPPA Bintang Puspayoga (tengah) di Stasiun Pasar Senen, Senin (16/4/2023). (Indozone/Asep Bidin Rosidin)
Menteri PPPA Bintang Puspayoga (tengah) di Stasiun Pasar Senen, Senin (16/4/2023). (Indozone/Asep Bidin Rosidin)

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga meninjau Stasiun Pasar Senen, Jakarta pada Minggu (16/4/2023) kemarin.

Dalam kunjungannya, Bintang ingin memastikan kesiapan sarana dan prasarana di Stasiun Pasar Senen yang ramah bagi penumpang perempuan dan anak.

"Standarisasi yang kita harapkan untuk bisa memberikan mudik yang aman nyaman dan ramah perempuan dan perlindungan anak secara umum itu sudah dipenuhi," kata Bintang kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Selain itu, Bintang juga mengecek ruang laktasi atau ruangan khusus bagi ibu yang menyusui yang disediakan PT KAI. Termasuk, dia juga meninjau standarisasi sarana bagi penumpang disabilitas yang akan mudik menggunakan jasa kereta api.

-
Ilustrasi Kereta Api Gejayana. (Wikipedia)

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran 2023, Ini Kebiasaan yang Bisa Jadi Pemicu Kecelakaan

"Kemudian pemeriksaan kesehatan juga sudah ada dan difasilitasi dengan baik. Kemudian terkait dengan disabilitas itu sudah ada langkah-langkah yang luar biasa dilakukan dan juga untuk memberikan suasana yang nyaman kepada anak-anak itu sudah ada ruang bermain untuk yang ramah untuk anak-anak," tutur Bintang.

Lebih lanjut Bintang juga memastikan kesiapan dan komitmen PT KAI untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak saat bepergian menggunakan kereta api.

"Sekali lagi terima kasih kepada PT KAI ketika ada pelaku kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak kekerasan yang terjadi, itu pelaku sudah di blacklist itu sudah tidak akan bisa naik kereta api lagi,” ungkap Bintang.

Baca juga: Dear Pemudik, Ini Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Biar Gak Ngantuk saat Nyetir

“Terima kasih banyak komitmen ini lah yang kami harapkan untuk memberikan ruang yang aman ramah terhadap perempuan dan anak," imbuhnya.

Bintang menuturkan, pihaknya menyediakan layanan pengaduan bagi penumpang kereta api yang mengalami kekerasan seksual. Dia pun meminta agar penumpang tidak ragu untuk melapor.

"Kami selalu sampaikan kepada temen-teman di PT KAI juga ketika ada kekerasan yang terjadi di kereta api di staisun manapun itu kita harapkan melapor karena kita ada punya layanan sahabat perempuan dan anak melalui hotline 129 atau melalui WhatsApp 0811129129," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X