RSUD Abepura Terbakar Hebat, Pasiennya Langsung Dievakuasi

- Selasa, 9 Mei 2023 | 20:08 WIB
Proses evakuasi pasien di RSUD Abepura yang terbakar (Dok. Polda Papua)
Proses evakuasi pasien di RSUD Abepura yang terbakar (Dok. Polda Papua)

Kebakaran hebat melanda Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura, Papua siang tadi. Sekitar 100 pasien yang menjalani perawatan di Rumah Sakit tersebut harus dievakuasi.

Wakapolda Papua, Brigjen Pol Rahmat Hidayat membenarkan adanya insiden kebaran tersebut. Dia menyebut kebakaran itu bersumber dari gudang logistik.

Baca Juga: Viral Momen Tegang Kapal Feri Terbakar Usai Lepas Landas dari Pelabuhan Merak

"Api diketahui berasal dari gudang logistik RSUD Abepura sekitar pukul 14.50 WIT," kata Brigjen Rahmat dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (9/5/2023).

Brigjen Rahmat menyebut pihaknya langsung bergerak melakukan upaya evakuasi terhadap pasien maupun perawat disana. Dipastikan, tidak ada korban yang tekena luka bakar akibat kebakaran ini.

"Kami juga sudah mengkoordinasikan kepada pihak rumah sakit untuk dapat memberikan tempat yang layak kepada para pasien, dimana gedung yang terbakar hanya gedung logistik dan ruang rawat anak yang lainnya tidak terkena api," beber Rahmat.

Lebih jauh Rahmat sendiri belum bisa memastikan penyebab kebakaran itu. Polisi sendiri masih akan mendalami penyebab kenakaran Rumah Sakit tersebut.

"Pihak Kepolisian dalam hal ini Polresta Jayapura Kota akan melakukan pengamanan di lokasi kejadian, keselamatan pasien harus diutamakan," tegas Wakapolda.

-
Proses evakuasi pasien di RSUD Abepura yang terbakar (Dok. Polda Papua)

Baca Juga: Kantor KPU Parepare Kebakaran, Ketua: Tidak Ada Dokumen Penting yang Terbakar

100 Pasien Berhasil Dievakuasi

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur RSUD Abepura Umum dan Keuangan RSUD Abepura, Petrus Benyamin menyebut sekitar 100 pasien berhasil diveakuasi. Dia juga memastikan tidak ada korban dalam peristiwa ini.

"Hampir semua pasien sekitar 100 orang di ruang perawatan berhasil dievakuasi dan tidak terdapat korban luka bakar," kata Petrus.

Meski begitu, pada hari ini di RSUD Abepura memang ada pasien yang meninggal dunia. Namun, dipastikan pasien tersebut meninggal bukan karena kebakaran.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X