Plaza Botania 1 di Batam Terbakar, Baju Lebaran Para Pedagang Ludes Tak Tersisa

- Rabu, 5 April 2023 | 10:22 WIB
Plaza Botania 1 Batam terbakar. (Z Creators/Habibi)
Plaza Botania 1 Batam terbakar. (Z Creators/Habibi)

Plaza Botania 1 Kota Batam, Kepulauan Riau, terbakar. Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu, 5 April 2023 sekitar pukul 03.00 dini hari. Lokasi kejadian tidak jauh dari perumahan warga dan Pasar Botania 1. 

Seorang warga bernama Agus mengatakan, saat itu ia baru keluar dari rumah pukul 05.00 an pagi untuk membeli sesuatu di Pasar Botania. Namun, sesampainya di sana kobaran api menjadi tontonan warga.

"Pasar biasanya dah buka. Makanya siap sahur gas motor. Pas sampai, plaza itu dah ramai. Api masih berkobar besar. Orang-orang pada sibuk ngeliat," katanya.

-
Plaza Botania 1 Batam terbakar. (Z Creators/Habibi)

Ia juga melihat tiga mobil damkar yang berusaha memadamkan ganasnya kobaran api. Karena ramainya masyarakat yang melihat, polisi sempat kewalahan menghalau masyarakat untuk menjauh dari lokasi kebakaran. 

Pantauan di lapangan, sejumlah pemilik toko di Plaza Botania 1, masih sibuk mengangkat barang yang masih bisa diselamatkan. Karena, bangunan terdampak hanya sebagian dari Plaza Botania 1 di bagian belakang. Bahkan, ada bangunan yang roboh di lokasi kebakaran. Saat ini, belum diketahui apa penyebab terjadinya kebakaran dan korban jiwa.

-
Plaza Botania 1 Batam terbakar. (Z Creators/Habibi)

Dini salah satu pedagang pakaian mengatakan tokonya yang berada di dalam Plaza Botania 1 ludes dilahap si jago merah. Ia mengaku pasrah, padahal sebagian stok baju yang dijual untuk lebaran ikut terdampak.

"Abis kak. Toko saya kena juga," ujarnya sedih.

Plaza Botania 1 merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Kota Batam. Ada puluhan kios yang menjual dagangannya mulai dari alat-alat keperluan rumah tangga, kosmetik, pakaian, barang pecah belah, barang elektronik, dan lainnya. 

-
Plaza Botania 1 Batam terbakar. (Z Creators/Habibi)

Saat ini di lokasi kebakaran polisi sudah memasang police line agar masyarakat tidak masuk ke lokasi kebakaran. Sedikitnya 15 unit pemadam kebakaran sudah menangani kebakaran Plaza Botania 1.

"Iya, 15 unit damkar kami turunkan termasuk bantuan dari Samapta Polres, mobil water canon untuk menyuplai kita," sebut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batam, Azmansyah.

Berdasarkan informasi yang ia dapatkan, ada ratusan kios yang dilahap api dari lantai 1 hingga 2 Plaza Botania 1. Ada 3 hingga 4 bangunan yang terdampak hingga ada bangunan yang roboh.

"Tidak ada korban jiwa. Kita belum tahu api berasal dari mana. Penyebabnya nanti diselidiki polisi," ungkapnya.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini. 

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X