Selama Ramadan, Imam Besar Istiqlal Imbau Pengurus Masjid Aktif Bantu Warga

- Kamis, 23 April 2020 | 18:41 WIB
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. (Photo/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. (Photo/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Di tengah Covid-19, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar mengimbau seluruh pengurus masjid untuk tetap aktif mengingatkan dan membantu masyarakat seperti membangunkan sahur dan salat berjamaah di rumah selama ramadan.

Imbauan itu disampaikannya dalam konferensi pers di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (23/4/2020).

"Walaupun kita memang di rumah (melakukan) rangkaian ibadah, tetapi saya juga mengingatkan, tidak berarti masjid harus ditutup dan vakum," kata dia.

Dan terkait membayar zakat, Nasaruddin mengatakan umat islam juga tetap dapat memberikan zakat dan mushala dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau memang tidak ada tempat yang paling strategis untuk menerima zakat warga, masjid tetap boleh dimanfaatkan, tapi dengan catatan tetap menerapkan social distancing. Penjarakannya harus diatur sedemikian rupa," lanjutnya.

"Tidak hanya MUI, tetapi ulama hampir di seluruh dunia, termasuk Arab Saudi, menutup masjid untuk shalat Jumat. Kenapa? Karena ada wabah corona yang sangat mengancam kehidupan kita," tambah Nasaruddin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X