Jelang HUT RI, Penjualan Bendera Merah Putih di Market Place Meningkat

- Senin, 16 Agustus 2021 | 13:35 WIB
## Foto: Screenshoot toko Perkakas Kosambi di Tokopedia. (Tangkapan Layar).
## Foto: Screenshoot toko Perkakas Kosambi di Tokopedia. (Tangkapan Layar).

Penjualan bendera merah putih jelang hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) tahun ini membawa kabar baik khususnya bagi para penjual bendera secara online atau melalui market place. Penjualan bendera tersebut dinilai meningkat meski di masa pandemi virus corona.

Salah satu toko market place yang beroperasi melalui Tokopedia yakni bernama Perkakas Kosambi mengaku kebanjiran order pesanan bendera. Toko ini diketahui sudah menjual bendera sejak sekitar satu tahun kebelakang.

Dari penelusuran melalui Tokopedia, toko market place ini menjual beraneka ragam model bendera merah putih dengan jumlah pembelinya yang cukup banyak. Bendera tersebut dijual mulai dari harga Rp5 ribu hingga Rp185.

Indozone berkesempatan berbincang langsung dengan owner Perkakas Kosambi, Andi Setia Nugraha. Andi menyebut penjualan bendera di tokonya meningkat setiap tahunya khususnya jelang HUT RI.

Baca Juga: Heboh Pengadaan Baju Dinas Anggota DPRD Sulsel Hampir Rp1 M, Ternyata Ini Rinciannya

"Untuk penjualan bendera online setiap tahunnya meningkat dan yang paling ramai memasuki bulan Agustus. Bisa dibilang tanggal 1 Agustus sudah mulai ramai pembeli," kata Andi saat dihubungi Indozone, Senin (16/8/2021).

Andi pun membuka data terkait penjualan bendera sejak menjelang HUT RI maupun jauh sebelum HUT RI. Kenaikan jumlah pembeli bisa dikatakan berkali-kali lipat.

"Penjualan hari biasa sebelum 17 Agustus sekitar lima transaksi. Kalau menjelang 17 Agustus kurang lebih bisa 25 transaksi," beber Andi.

Untuk bendera yang dijual di toko ini disebut Andi diproduksi langsung oleh timnya sendiri dengan memastikan kerapihan jahitan hingga kemasan sebelum dikirim. Ada dua jenis bahan baku bendera yang dijual.

"Bahan bendera dari kami ada dua macam. Ada katun dan vales atau bahan bendera biasa. Dan ini kita produksi sendiri," kata Andi.

Toko yang berdomisili di Bandung ini masih mengutamakan pembelian melalui market place. Namun, jika ada pembeli yang berminat membeli secara langsung disebut Andi bisa dikoordinasikan.

"Untuk bendera merah putih saya tidak menjual offline, namun kalau ada yang berminat untuk membeli langsung tanpa harus ke market place saya terima. Paling COD disuatu tempat," pungkas Andi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X