India Akan Mendorong Kebijakan Dua Anak untuk Mengendalikan Populasi

- Selasa, 13 Juli 2021 | 12:07 WIB
Masyarakat India. (REUTERS/Amit Dave)
Masyarakat India. (REUTERS/Amit Dave)

India adalah negara terpadat kedua setelah China. Uttar Pradesh yang merupakan bagian terpadat di India berencana membuat undang-undang untuk mengendalikan populasi dengan membatasi  pasangan hanya diperbolehkan memiliki dua anak.

Pemerintah bahkan berniat untuk mengambil langkah-langkah hukuman, termasuk mencabut pelanggar kesejahteraan sosial dan melarang mereka bekerja sebagai pegawai negeri.

Menurut data Bank Dunia, India memiliki populasi 1,38 miliar, jika India  tidak mengadopsi langkah-langkah seperti keluarga berencana untuk mengendalikan populasinya, diperkirakan akan melampaui China.

Uttar Pradesh memiliki populasi 240 juta, dan kepadatan penduduknya lebih dari dua kali rata-rata nasional. Namun pendapatan per kapital kurang dari setengah dari rata-rata nasional.

Dikutip dari Reuters, Uttar Pradesh mengajukan proposal pada tanggal 10 bulan ini untuk mengendalikan populasi. Jika pasangan memiliki lebih dari dua anak, mereka tidak akan dapat menikmati tunjangan negara dan menerima subsidi pemerintah, bahkan mereka tidak dapat menjadi pejabat publik pemerintah daerah.

Menteri Kesehatan Uttar Pradesh Singh mengatakan bahwa kebijakan yang dirumuskan akan berlangsung dari 2021 hingga 2030. Melalui kebijakan ini, kesadaran masyarakat dapat dibangkitkan dan masyarakat dapat mengendalikan populasi.

Adapun negara bagian Assam, yang juga diperintah oleh Partai Bharatiya Janata dan terletak di timur laut India, bulan lalu juga mengumumkan 'kebijakan dua anak',  termasuk pinjaman pemerintah berbunga rendah untuk orang tua yang memiliki dua anak.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X