Lama Tak Terdengar Kabarnya, Setya Novanto Kini Jadi 'Petani', Pamer Sabit dan Caping

- Jumat, 29 Januari 2021 | 11:35 WIB
Setya Novanto jadi 'petani' (Istimewa)
Setya Novanto jadi 'petani' (Istimewa)

Beredar penampilan terbaru "Papa" Setya Novanto yang begitu berbeda. Mantan DPR RI tersebut kini tak lagi tampil dalam balutan jas, melainkan memakai kemeja dan caping ala pak tani.

Setya Novanto yang kini menghuni Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, aktif menjalani program pembinaan untuk para terpidana.

Salah satu kegiatannya adalah pertanian. Dalam foto yang beredar di kalangan wartawan, tampak Setya Novanto memegang sabit dan memamerkan padi yang sudah dipotong.

Diketahui, panen padi ini adalah panen raya perdana untuk penghuni Lapas Sukamiskin. Selain Setnov, terpidana lain yang ikut menjadi petani adalah mantan Kakorlantas Joko Susilo, mantan Menteri ESDM Jero Wacik dan mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada.

Padi dan umbi-umbian itu ditanam di lahan terbatas di dalam kawasan Lapas yakni di Jalan AH Nasution.

Selain padi, ada juga berbagai macam hasil pertanian lainnya seperti jagung, umbi, cabai, dan tanaman obat. Kemudian ada peternakan merpati dan budi daya ikan.

Kepala Lapas Sukamiskin Asep Sutandar mengatakan program ini menjadi salah satu sarana rekreasi warga binaan agar tidak stress saat menjalankan hukumannya.

"Meskipun dengan lahan yang terbatas, tidak akan menjadi hambatan dalam peningkatan kualitas pos kerja ini," kata Asep dalam keterangannya, Jumat (29/1/2021).

"Supaya ada aktivitas dan mengurangi tingkat stres selama menjalani hukuman," lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X