Jokowi Tegaskan Tidak Ada Toleransi Bagi Pelaku Rasisme

- Sabtu, 31 Agustus 2019 | 08:55 WIB
Presiden Joko Widodo saat melakukan rapat terbatas soal Papua (Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo saat melakukan rapat terbatas soal Papua (Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo kembali menegaskan tidak ada toleransi bagi siapapun yang melakukan tindakan rasialis dalam bentuk apapun pada sesama anak bangsa.

Jokowi mengaku, telah menerima laporan bahwa tindakan hukum telah diambil baik kepada oknum sipil maupun militer tanpa terkecuali.  "Saya percaya bahwa warga di Papua adalah warga yang cinta damai, cinta kepada bangsa dan negara," katanya.

Ia memerintahkan agar situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan Papua Barat untuk dijaga dan segera dipulihkan. Semua warga negara Indonesia, tanpa terkecuali, harus mendapat perlindungan dan dijaga martabatnya.

Pemulihan tersebut, kata Jokowi, mencakup perbaikan terhadap kerusakan sejumlah fasilitas umum selepas aksi unjuk rasa di Papua dan Papua Barat. Presiden berharap agar aktivitas perekonomian, pendidikan, dan pelayanan publik dapat kembali berjalan seperti sediakala.

Kasus rasisme yang menimpa mahasiswa Papua di Surabaya terus didalami polisi. Saat ini, sudah ada dua orang yang dijadikan tersangka dari masyarakat dan untuk dari aparat sedang diperiksa POM dan tengah diskorsing. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X