Pilot Susi Air Masih Disandera KKB, Kapolda Papua Kirim Tim Khusus

- Kamis, 25 Mei 2023 | 10:00 WIB
Pilot Susi Air Philip yang di tengah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyanderanya sejak 7 Februari di Paro, Kabupaten Nduga (ANTARA/HO)
Pilot Susi Air Philip yang di tengah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyanderanya sejak 7 Februari di Paro, Kabupaten Nduga (ANTARA/HO)

Pilot Susi Air, Capt Philip Mark Mehterns sampai saat ini masih menjadi tawanan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri menyebut pihaknya saat ini tengah mengencangkan upaya negosiasi untuk membebaskan sang pilot menggunakan tim khusus.

"Saya berbicara dengan berbagai pihak tentang proses negosiasi ini termasuk dengan pihak gereja yang didalamnya ada dewan gereja dan uskup yang akan semaksimal mungkin melakukan negosiasi dengan kelompok Egianus Kogoya untuk bisa melepas pilot yang dibawanya," kata Irjen Mathius dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (25/5/2023).

Baca juga: Berbulan-Bulan Disandera KKB, Bagaimana Nasib Pilot Susi Air Terkini?

Irjen Mathius menyebut pihaknya kini membuka diri untuk siapa saja yang bisa berkomunikasi, guna dapat membebaskan pilot tersebut. Berbagai pihak seperti Komnas HAM disebutnya juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait kasus ini.

"Tentunya negosiasi bisa dilakukan dengan siapa saja. Saya membuka diri untuk semua pihak yang dari awal yakni pihak pemerintah Nduga bekerja sama dengan Kapolres kemudian ada juga pihak dari Komnas HAM yang menawarkan diri dan kami terima,” ungkap Irjen Mathius.

Lebih jauh, jenderal polisi bintang dua tersebut juga menyebut pihaknya sudah mengirim tim khusus yang ditugaskan untuk bernegosiasi dengan KKB. Tim ini juga memfasilitasi seluruh pihak yang ingin bernegosiasi dengan KKB.

"Saya berharap negosiasi tersebut menghasilkan hasil yang baik. Kita memberikan kesempatan kepada kelompok Egianus (KKB) bisa mengembalikan pilot melalui jalur negosiasi secara baik," kata Mathius.

"Semua sedang berjalan dan dari pihak gereja nantinya akan kita bantu salah satunya pihak Gereja Kingmi yang nantinya akan mengutus orang kepercayaannya untuk melakukan negosiasi tersebut," sambungnya.

Baca juga: Operasi Penyelamatan Pilot Susi Air yang Disandera KKB Terkendala Cuaca

Pilot Susi Air Disandera

Diberitakan sebelumnya, pada Selasa, 7 Februari 2023 yang lalu, KKB membakar pesawat Susi Air dengan rute Timika-Paro. Pilot pesawat itu kemudian disandera oleh mereka.

Beberapa waktu penyandaraan, KKB memberikan penawaran untuk dibarter dengan korban. KKB meminta senjata kepada pihak TNI-Polri untuk ditukar dengan pilot tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X