Operasi Penyelamatan Pilot Susi Air yang Disandera KKB Terkendala Cuaca

- Minggu, 16 April 2023 | 18:48 WIB
Puing Pesawat Susi Air yang dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Paro, Papua. (Dokumentasi Polda Papua)
Puing Pesawat Susi Air yang dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Paro, Papua. (Dokumentasi Polda Papua)

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono mengatakan, operasi penyelamatan Pilot Susi Air Kapten Philip Marthens yang tengah disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terkendala cuaca. 

"Paling menyulitkan dalam operasi ini adalah cuaca, kondisi pilot sudah diketahui areanya. Operasinya sudah semakin mengerucut dan terfokus. Jadi cuaca, dan ini sangat tidak menentu di Papua," kata Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono kepada wartawan, Minggu (16/4/2023).

Baca Juga: 1 Prajurit Gugur Ditembak KKB,  Panglima TNI Perintahkan Bantuan Tempur Kekuatan Maksimal

Julius mengungkapkan, TNI sudah berupaya melakukan komunikasi dengan saluran radio. Namun, komunikasi dengan prajurit di lapangan masih terhambat. 

"Kemarin kami mencoba untuk berkomunikasi melalui saluran radio juga masih terhambat," tuturnya 

Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono berduka cita atas gugurnya prajurit TNI Pratu Miftahul Arifin usai ditembak Kelompok kriminal bersenjata (KKB) dalam operasi penyelamatan pilot Susi Air, Capt Philip Mark Merthens di Nduga, Papua Pegununungan, pada Sabtu (15/4/2023).

“Panglima TNI turut berduka cita atas gugurnya prajurit terbaik TNI atas nama Pratu Miftahul Arifin yang gugur pada tanggal 15 April 2023 pukul 16:30 WIT,” kata Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono kepada wartawan, Minggu (16/4/2023).

Lebih lanjut Julius menanggapi soal adanya kesimpangsiuran informasi yang beredar di media sosial. Dia meminta, agar awak media merujuk informasi dari Mabes TNI. 

Karena, kesimpangsiuran informasi akan berdampak pada tingkat keberhasilan operasi  di lapangan. 

“Saya menyarankan kepada segenap awak media untuk berkenan merujuk pada informasi yang disampaikan oleh jalur Mabes TNI. Penyebaran informasi yang keliru akan berdampak pada tingkat keberhasilan operasi di lapangan,” ujar  Julius.

Baca Juga: Pasukan TNI Pembebasan Pilot Susi Air Kontak Tembak dengan KKB di Nduga Papua

Julius menegaskan TNI sebagai patriot NKRI tidak pernah mundur untuk menjaga kedaulatan wilayah RI, termasuk di Papua. Dia pun menyampaikan arahan Panglima TNI Yudo Margono yang memerintahkan untuk mengambil tindakan tegas tanpa ragu.

“Panglima TNI dengan tegas menyampaikan untuk ambil tindakan jangan ragu-ragu,” ungkap Julius. 

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X