CFD Polda Metro Setiap Jumat Bikin Macet, Ini Respons Polisi

- Sabtu, 18 Maret 2023 | 08:58 WIB
Ilustrasi polisi. (ANTARA/FOTO Kornelis Kaha)
Ilustrasi polisi. (ANTARA/FOTO Kornelis Kaha)

Car Free Day (CFD) di dalam area Polda Metro Jaya setiap hari Jumat berdampak pada kemacetan di ruas Jalan Garot Subroto, Jakarta. Polda Metro Jaya pun memberikan penjelasan terkait hal tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisni Andiko. Kombes Trunoyudo menyebut pihaknya bakal melakukan evaluasi terkait adanya peningkatan volume kendaraan akibat CFD ini.

"Kita akan lakukan evaluasi terus dengan beberapa yang dilihat dan dirasakan masih terjadi adanya padatnya volume kendaraan," kata Kombes Trunoyudo kepad wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (17/3/2023).

Naik Angkutan Umum untuk Cegah Kemacetan

Untuk mencegah terjadinya kemacetan berulang, Kombes Trunoyudo menyebut pihaknya bakal melakukan sosialisasi lebih masif lagi. Polda Metro Jaya juga akan mengimbau masyarakat agara menaiki angkutan umum jika ingin datang ke Polda Metro Jaya pada hari Jumat.

Baca Juga: Kecelakaan Truk di Tol Arah Bandara Soetta, Sapi-sapi Berlarian di Jalan

"Tentu sumbatan-sumbatan ini, sosialisasi ini sebenarnya sudah yang ke-3 kali dalam uji coba yang masih perlu kami rasakan disosialisasikan kembali sehingga tidak terjadi antrean untuk masuk ke Polda Metro Jaya khususnya pada hari Jumat," kata Trunoyudo.

"Tentunya ini salah satu mengentaskan yang menuju ke Polda Metro Jaya sehingga terjadi antrean kita akan sosialisasikan kembali kepada masyarakat, silakan gunakan transportasi umum," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya menerapkan kebijakan CFD di area dalam Mapolda setiap hari Jumat. Tujuan kebijakan ini untuk menerapkan hutan kota, mengurangi polusi udara dan gerakan seribu langkah sehari yang menjadi resolusi Polda Metro Jaya pada tahun ini.

Baca Juga: Warga Jateng Keluhkan Macet, Ganjar Minta Perbaikan Jembatan Juwana Rampung Secepatnya

Selain itu, kebijakan ini juga bertujuan untuk menekan angka kendaraan yang masuk ke Polda Metro Jaya khususnya untuk internal kepolisian itu sendiri. Meski begitu, ada pengecualian dari kebijakan ini salah satunya mobil dinas yang masih diperbolehkan beroperasi di dalam Polda Metro Jaya.

Pasca adanya kebijakan tersebut, ruas jalan di kawasan Polda Metro Jaya berimbas kemacetan. Kendaraan mengular dan sengaja parkir di depan Polda Metro Jaya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X