Waspada! Masker Medis Bekas Didaur Ulang Oknum, Dijual Kembali dengan Harga Murah

- Rabu, 21 Oktober 2020 | 11:37 WIB
Warga memakai masker (Ilustrasi/REUTERS/Fabrizio Bensch)
Warga memakai masker (Ilustrasi/REUTERS/Fabrizio Bensch)

Masker medis memang sudah tidak selangka dan semahal dulu. Meski begitu, ada saja oknum yang nekat mendaur ulang masker medis bekas, dan menjualnya kembali.

Padahal, masker medis seharusnya cuma untuk sekali pakai saja. Jika masker bekas kembali digunakan, maka dikhawatirkan pemakainya justru terpapar virus.

Pada Senin (19/10/2020), akun Twitter @DokterPodcast mengunggah video yang memperlihatkan sekotak masker bedah diduga hasil daur ulang.

Merk masker tersebut berbeda dengan yang tertera di kotak, dengan yang tertera di pinggiran masker. Menurut perekam video, masker daur ulang tersebut sudah merugikan banyak orang.

“Kalo bisa teman-teman pas ambil masker rajinlah, lebih teliti dicek. Isi (merek masker) dalamnya beda (dengan merek kemasan), semuanya harus hati-hati ya kasihan loh korban, cari uang yang halal dong,” ujar pria yang merekam video.

Masker bekas tersebut terlihat tipis dan juga ada kotoran di pinggirannya. Masker ini sama sekali tidak layak untuk digunakan.

“Coba lihat (merek masker) dalamnya berbeda semua (mereknya), udah bekas pakai lagi ini. Kayak gini semua, semuanya tolong dicek ya udah banyak korban ini,” tambahnya.

"Ati2 masker daur ulang ya... Saat ini masyarakat udah semakin sadar bahaya #COVID19 dan pentingnya pake masker. Sesudah masker scuba tidak direkomendasikan, masker bedah makin banyak lg d minati... Ati2 salah beli dari tempat dan oknum yang tdk terjamin" cuit @DokterPodcast.

Karena itu, netizen disarankan untuk merusak masker medis yang telah digunakan sebelum dibuang. Bisa dengan digunting, sehingga masker itu tidak dipungut dan malah didaur ulang untuk dijual kembali.

Sementara itu, perbedaan masker baru dan masker bekas biasanya masker bekas lebih tipis dan warnanya mulai pudar. Agar tidak tertipu, disarankan kamu membeli masker di apotek atau toko terpercaya lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X