Menyedihkan, Warga Afghanistan Berebut Naik Pesawat AS Demi Menyelamatkan Diri

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 10:28 WIB
Pengungsi yang melarikan diri dari Afghanistan. (REUTERS)
Pengungsi yang melarikan diri dari Afghanistan. (REUTERS)

Pada hari Minggu Taliban berhasil menguasai ibu kota Afghanistan, Kabul, sementara itu melalui akun Facebook, presiden Afghanistan mengatakan kalau dirinya sudah meninggalkan negaranya itu.

Saat Taliban mulai menguasai Afghanistan, ribuan orang yang mencoba melarikan dari negara yang porak-poranda berkumpul di bandara Kabul berharap bisa pergi ke negara lain.

Dilansir Reuters, terlihat penampakan pengungsi Afghanistan memadati interior pesawat angkut C-17 Globemaster III Angkatan Udara AS yang berangkat dari Kabul.

Baca juga: Video Warga Afghanistan yang Putus Asa Berpegangan pada Roda Pesawat saat Lepas Landas

Berdasarkan keterangan foto Reuters, pesawat tersebut diperkirakan membawa sekitar 640 warga Afghanistan ke Qatar dari Kabul, Afghanistan pada hari Minggu 15 Agustus 2021.

Taliban yang kini mengambil alih Afghanistan membuat para wanita di sana ketakutan karena kemungkinan Taliban akan memberlakukan hukuman rajam, perempuan tidak boleh sekolah, bahkan perempuan harus ditemani saudara laki-laki jika ingin keluar dari rumah.

Sementara itu, dalam video yang beredar luas, terlihat juga warga Afghanistan yang putus asa berpegangan pada sebuah pesawat saat lepas landas dari Bandara Kabul.

Lima dari mereka dilaporkan meninggal di Bandara Kabul saat melakukan hal yang sama.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X