Makin Ramai, Angkasa Pura II Tingkatkan Kapasitas Bandara Minangkabau

- Minggu, 6 Oktober 2019 | 12:10 WIB
Bandara Internasional Minangkabau akan meningkatkan kapasitas guna merespon pertumbuhan penumpang pesawat yang cukup signifikan di Padang. (Angkasa Pura II)
Bandara Internasional Minangkabau akan meningkatkan kapasitas guna merespon pertumbuhan penumpang pesawat yang cukup signifikan di Padang. (Angkasa Pura II)

Pertumbuhan penumpang pesawat yang cukup signifikan di Padang, PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan pengembangan Bandara Internasional Minangkabau

Tak tanggung-tanggung, kapasitas terminal nantinya meningkat drastis sekitar 125 persen atau dari saat ini 2,3 juta penumpang per tahun menjadi 5,17 juta penumpang per tahun.

Executive General Manager Bandara Internasional Minangkabau Yos Sugiono menjelaskan, pada 2018 lalu, jumlah penumpang pesawat di Padang sudah mencapai 4,13 juta penumpang, padahal kapasitas terminal di bandara Minangkabau jauh di bawah itu. 

"Padang adalah salah satu destinasi wisata utama di Indonesia, dan Angkasa Pura II berkomitmen untuk turut mendukung pengembangannya dengan meningkatkan konektivitas transportasi udara di Padang,” jelas Yos Sugiono, Sabtu (5/10). 

Menurut Yos Sugiono, potensi pasar penerbangan di Padang terus tumbuh. Tak hanya penerbangan penumpang, perkembangan pengiriman kargo udara juga sangat signifikan. Ia mengungkap, saat ini luas terminal eksisting adalah 400,46 hektare dan akan dikembangkan menjadi 438,84 hektare.

Angkasa Pura II juga akan mengembangkan gudang kargo lebih dari dua kali lipat dari yang saat ini 1.583 meter persegi menjadi 3.677 meter persegi.  

"Kami juga akan melakukan perancangan ulang tata letak atau relayout sehingga area tambahan yang ada bisa optimal digunakan untuk mendukung peningkatan pelayanan di terminal penerbangan internasional mau pun domestik,” kata dia. 

Bandara Internasional Minangkabau merupakan bandara ke-6 tersibuk yang dikelola Angkasa Pura II, setelah Soekarno-Hatta (Tangerang), Kualanamu (Deli Serdang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), dan Supadio (Pontianak). 

Maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Padang antara lain Garuda Indonesia, Aviastar, Sriwijaya Air, Citilink, Lion Airlines, Batik Air, dan Wings Airlines. Sementara itu, rute internasional dilayani oleh AirAsia Group dari dan ke Kuala Lumpur. (SN)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X