Pria Ini Nyamar Jadi Pegawai UPK untuk Curi Gerobak Sampah, Alasannya Bikin Sedih

- Selasa, 3 Januari 2023 | 13:01 WIB
Pelaku pencurian gerobak sampah yang dikembalikan ke keluarganya atas asas restorative justice (Istimewa)
Pelaku pencurian gerobak sampah yang dikembalikan ke keluarganya atas asas restorative justice (Istimewa)

Seorang pria bernama Duro bin Timan (50) nekat mencuri gerobak sampah milik RW 15, Kelurahan Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat. Dia menggunakan modus berpura-pura sebagai petugas UPK badan air Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.

Aksi pencurian itu sendiri terjadi, pada Senin 2 Januari 2023, sekira pukul 15.40 WIB. Namun, aksi pencurian itu berhasil digagalkan oleh warga setempat.

"Pelaku Duro bin Timan mencuri gerobak sampah yang disimpan di samping pos RW 15, Kelurahan Tanah Sereal, Tambora Jakbar. Pencurian ini berhasil digagalkan oleh warga setempat," kata Kapolsek Tambora, Kompol Putra Pratama, dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (3/1/2022).

-
Gerobak sampah yang dicuri (Istimewa)

Baca Juga: Penculik Anak di Jakpus yang Viral Akhirnya Ditangkap, Begini Kronologi Penangkapannya

Aksi Duro melakukan pencurian dengan menyamar tidak tanggung-tanggung. Dia bahkan menggunakan seragam UPK.

"Modus pelaku berpura-pura menggunakan seragam UPK badan air, Dinas Lingkungan Hidup, Provinsi DKI Jakarta. Bagian depan baju tertulis bertuliskan Jakarta sadar sampah. Baju ini adalah modus tersangka agar warga tidak curiga saat pelaku mencuri gerobak sampah," beber Putra.

Setelah diamankan warga, polisi mendatangi TKP untuk menjemput pelaku. Saat diintrogasi, pelaku mengaku melakukan aksinya lantaran kesulitan ekonomi terlebih harus menghidupi ketiga anaknya.

"Pelaku mengaku memiliki tiga anak masih kecil dan membutuhkan uang untuk menghidupi keluarganya," kata Putra.

Selain itu, dari pendalaman, polisi menyebutkan aksi pencurian gerobak tidak sekali dilakukan oleh pelaku. Polisi memutuskan tidak memproses hukum pelaku dan menerapkan restorative justice.

Baca Juga: Tutup 2022, Apa yang Akan Dilakukan Polda Metro di 2023?

"Setelah musyawarah warga, tindak pidana ini diselesaikan melalui restoratif justice dan pelaku kami kembalikan ke keluarganya. Seragam UPK badan air Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta diamankan di Polsek Tambora agar tidak disalahgunakan lagi untuk modus mencuri," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X