Anies Baswedan: Trotoar Jakarta Tak Ramah Pejalan Kaki

- Kamis, 29 Agustus 2019 | 17:26 WIB
Ilustrasi trotoar di Jakarta. Anies Baswedan tak ayal ingin melakukan revitalisasi trotoar (Antara/Asprilla Dwi Adha).
Ilustrasi trotoar di Jakarta. Anies Baswedan tak ayal ingin melakukan revitalisasi trotoar (Antara/Asprilla Dwi Adha).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengakui kondisi trotoar Ibu Kota tidak ramah pejalan kaki. Situasi itu terjadi karena banyak jalan minim tersedia trotoar yang memadai. 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI lantas melakukan revitalisasi trotoar. Pembenahan itu bakal membuat tempat pejalan kaki menjadi multifungsi. 

Selain lokasi berjualan pedagang kaki lima, revitalisasi trotoar akan dioptimalkan dengan hadirnya sejumlah kegiatan seni. Tujuannya agar warga nyaman berjalan kaki di Ibu Kota. 

"Contoh saja di trotoar di dekat Bundaran HI, di dekat FX, itu ada kegiatan seni musik. Itu kan di trotoar juga," kata Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta, Kamis (29/8).

Pemprov DKI merevitalisasi trotoar di 31 ruas jalan protokol, arteri, dan jalan penghubung yang dilayani atau terintegrasi transportasi umum. Tahun ini telah dilakukan pembenahan trotoar sepanjang 14 kilometer di 10 ruas jalan. 

Revitalisasi trotoar ini memakan anggaran Rp275 miliar pada 2019. Seluruh proyek itu direncanakan bakal rampung pada akhir Desember mendatang.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X