The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menko Polhukam: Pemerintah Tidak Pernah Bahas Penundaan Pemilu!
Ilustrasi Pemilu. (ANTARA News/Ridwan Triatmodjo)
News

Menko Polhukam: Pemerintah Tidak Pernah Bahas Penundaan Pemilu!

Berikan bantahan.

Selasa, 08 Maret 2022 08:50 WIB 08 Maret 2022, 08:50 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan bilamana pemerintah tidak pernah membahas penundaan pemilu 2024.

"Di tubuh pemerintah sendiri sampai sekarang tidak pernah ada pembahasan tentang penundaan pemilu maupun penambahan masa jabatan presiden dan wapres," ujar Mahfud dalam YouTube Kemenko Polhukam, dilihat Selasa (8/3/2022).

Begitu juga, kata Mahfud, penambahan masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden baik satu atau dua tahun.

Baca Juga: PPP Tak Alergi dengan Wacana Penundaan Pemilu 2024

"Baik untuk menjadi tiga periode maupun untuk memperpanjang 1 atau 2 tahun. Tidak ada di pemerintah. Sama sekali tidak pernah ada pembicaraan masalah penundaan pemilu dan pembahasan masa jabatan tersebut," sambung Mahfud.

Dia mengatakan jika Presiden Jokowi malah ingin Pemilu 2024 digelar. Bahkan Kepala Negera dua kali memimpin rapat kabinet pada 14 dan 27 September 2021 agar memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Di mana dalam rapat itu Jokowi minta kepada Menko Polhukam, Mendagri, Kepala BIN, untuk berkomunikasi dengan KPU, Bawaslu, DKPP dan DPR untuk menentukan jadwal pemilu.

"Memastikan Pemilu 2024 berjalan aman, lancar, tidak memboroskan anggaran, tidak terlalu lama masa kampanyenya dan juga tidak terlalu lama jarak antara pemungutan suara dan hasil pelantikan pejabat-pejabat hasil Pemilu dan Pilkada tahun 2024,” ucapnya.

Kemudian akhirnya kesepakatan hari pemungutan suara Pemilu 2024 diputuskan pemerintah, DPR, dan KPU jatuh pada 14 Februari 2024.

Presiden Jokowi meminta Menko Polhukam dan Mendagri untuk menyiapkan instrumen yang diperlukan untuk menggelar Pemilu 2024 pasca tanggal sudah ditetapkan.

"Setelah itu presiden menekankan kembali kepada saya selaku menko polhukam dan mendagri agar betul-betul menyiapkan semua isntrumen yang diperlukan untuk pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak 2024," tutur Mahfud.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US