Soal Prakiraan Cuaca di Indonesia, Wapres: Otoritas Ada di BMKG!

- Kamis, 29 Desember 2022 | 13:33 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Dok Setwapres).
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Dok Setwapres).

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan bahwa lembaga yang memiliki otoritas terkait prakiraan cuaca adalah Badan Meteorologi, Klimatalogi dan Geofisika (BMKG). Ia mempersilahkan jika ada peneliti yang memaparkan hasil penelitian terkait dengan cuaca, tapi tetap yang harus menjadi pegangan adalah BMKG.

"Kalau masalah ini otoritasnya itu kan ada di BMKG ya, otoritasnya. Jadi saya kira mungkin ada peneliti yang mungkin belum divalidasi datanya sehingga sempat mengumumkan hasil penelitiannya tapi yang harus dijadikan pegangan dari BMKG karena dia yang memiliki otoritas," kata Wapres Ma'ruf Amin di Istana Wapres Jakarta sebagaimana dilansir Antara, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga: Catat Guys! Sejumlah Wilayah DKI Jakarta Diguyur Hujan

Diketahui sebelumnya salah satu peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut potensi hujan ekstrem hingga badai dahsyat terjadi pada 28 Desember 2022. Hal itu membuat sejumlah masyarakat khawatir akan bencana tersebut. Namun hal itu dibantah oleh BMKG dan menyebut hanya akan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, bahkan sangat lebat masih berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023.

"(Pernyataan soal badai) tidak secara kelembagaan BRIN, tapi secara perorangan mungkin, saya kira yang sesuai masyarakat tahu bahwa otoritas untuk bisa memberikan prediksi-prediksi (cuaca) itu ada di BMKG," tuturnya.

Baca Juga: Waspada! Hujan Intai Wilayah DKI Jakarta dari Malam Ini hingga Esok Hari

Sementara menjelang Tahun Baru 2023, dia pun mengimbau agar pengelola tempat wisata dapat mengantisipasi kemungkinan terjadinya cuaca buruk.

"Terutama mungkin di daerah-daerah pantai yang biasanya terjadi perubahan cuaca. Kita sudah membuka kesempatan untuk membuka wisata seluas-luasnya tetapi juga harus disertai dengan kewaspadaan-kewaspadaan dari para penyelenggara wisata itu," imbau dia.

Selain itu Ma'ruf meminta agar ada antisipasi terjadi cuaca ekstrem yang memang diprediksi akan terjadi di berbagai wilayah Indonesia hingga Tahun Baru 2023.

"Jadi agar di siapkan dulu antisipasinya supaya kalau terjadi apa-apa bisa ditanggulangi secara lebih cepat," tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X