Pemerintah Pastikan Lokasi Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

- Kamis, 22 Agustus 2019 | 14:01 WIB
Ilustrasi suasana ibu kota baru di Kalimantan Timur nanti (ANTARA/Aditya Pradana Putra).
Ilustrasi suasana ibu kota baru di Kalimantan Timur nanti (ANTARA/Aditya Pradana Putra).

Pemerintah memastikan lokasi ibu kota baru bakal berada di Provinsi Kalimantan Timur. Namun, daerah pastinya masih dirahasiakan. 

Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil, mengatakan daerah ibu kota baru belum diputuskan hingga saat ini. Pemerintah masih melakukan banyak kajian untuk menetapkan lokasi pastinya. 

"Iya Kalimantan Timur, tetapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana ya belum," ungkap Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8/2019). 

Sofyan menjelaskan pemerintah membutuhkan 3.000 hektar lahan untuk tahap pertama pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Kemudian, pemerintah akan menyiapkan 300.000 hektar lahan untuk membangun taman dan perlengkapan kota.

"Sehingga kita harapkan kota ini berkembang menjadi kota yang menarik," ujar Sofyan. 

Kaltim merupakan daerah yang terdepan dibandingkan daerah lain dari segi infrastruktur di Kalimantan. Begitu juga dengan letak geografis dan sumber daya yang dimiliki. Kaltim pun memiliki keunggulan dari aspek budaya dan keamanan. 

Saat ini Kaltim sudah terdapat Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, hingga Pelabuhan Laut Semayang Balikpapan. Pusat perdagangan dan aliran listrik pun tersedia dengan baik untuk masyarakat.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X