Komjen Listyo Sigit Akhirnya Serahkan Makalah Fit and Proper Test ke Komisi III DPR

- Selasa, 19 Januari 2021 | 16:24 WIB
Penyerahan makalah Fit and Proper Test Calon Kapolri ke Komisis III DPR. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad).
Penyerahan makalah Fit and Proper Test Calon Kapolri ke Komisis III DPR. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad).

Calon Kapolri tunggal Komjen Listyo Sigit Prabowo menyerahkan makalah kepada Komisi III DPR terkait proses dari uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Namun, penyampaian makalah tak langsung diserahkan oleh Listyo dan diwakilkan oleh utusannya.

Berdasarkan pantauan Indozone di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/1/2021) sekitar pukul 15.15 WIB, penyerahan dilakukan oleh Kadiv Propam Irjen Pol Ferdi Sambo, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta.

Mereka langsung masuk ke ruang rapat Komisi III DPR, dimana sudah terdapat pimpinan Komisi III yang sudah ada. Penyerahan itu pun berlangsung secara tertutup dan hanya berlangsung sekitar 15 menit.

Seusai penyerahan, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada mengatakan, penyerahan naskah fit and proper test itu mewakili calon Kapolri Komjen Listyo Sigit.

Baca Juga: Jelang Fit and Proper Test, Ini Pesan Ketua Komisi III ke Calon Kapolri

“Jadi kegiatan kita hari ini menyerahkan naskah fit and proper test yang akan dilaksanakan. Intinya itu saja, kami datang kesini mewakili calon kapolri bapak calon kapolri,” ujar Wahyu seusai menyerahkan makalah fit and proper test Listyo Sigit.

Meskipun dirinya yang menyerahkan makalah fit and proper ke Komisi III DPR, Wahyu menegaskan bahwa dirinya bukanlah termasuk di dalam tim ahli.

“Saya bukan tim ahli,” tegasnya.

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun pekan lalu sudah menyerahkan nama calon tunggal Kapolri kepada DPR RI. Calon tunggal itu ialah Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

Komjen Listyo bakal menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis sebagai Kapolri. Jenderal Idham diketahui saat ini sudah memasuki masa pensiun.

Pasca menjadi calon tunggal Kapolri, Komjen Listyo bakal menjalani uji kelayakan atau kepatuhan atau fit and proper test oleh Komisi III DPR RI. Uji kelayakan itu bakal berlangsung pada Rabu, 20 Januari 2021 mendatang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X