Mudik Lebaran 2022, Polri Bakal Buka Tutup Rest Area

- Kamis, 14 April 2022 | 16:37 WIB
Suasana tempat istirahat di kilometer 102 Tol Cipali-Subang, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021).(ANTARA/Sugiharto Purnama)
Suasana tempat istirahat di kilometer 102 Tol Cipali-Subang, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021).(ANTARA/Sugiharto Purnama)

Polri sudah menyusun skenario lalu lintas saat mudik lebaran tahun ini. Selain one way dan ganjil genap, Polri juga akan melakukan sistem buka tutup di rest area.

"Apabila memang terjadi kemacetan dan melakukan buka tutup di rest area sesuai dengan kebutuhan yang ada. Ini upaya-upaya yang dilakukan dan ini bersama-sama dan tidak Polri sendiri tentunya," kata Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (14/4/2022).

Sistem buka tutup rest area tersebut bakal dilakukan secara situasional. Selain buka tutup rest area, polisi diketahui juga menerapkan skema lalu lintas lainnya.

"Untuk mengantisipasi dari pada kemacetan lalu lintas di antaranya kita melakukan rekayasa manajemen lalu lintas dengan cara membuat contra flow kemudian one way, ganjil genap. Itu disesuaikan dengan situasinya, dengan diskresi," beber Eddy.

Baca Juga: Ganjil Genap Berlaku di Tol Saat Mudik, Tenang Tak Ada Sanksi Tilang

Polisi Bakal Buat Pos-pos Mudik

Lebih jauh eks Kapolda Metro Jaya ini menyebut pihaknya juga akan membuat pos-pos khusus untuk memantau mudik. Pos-pos tesebut berisi informasi seputar mudik hingga ada gerai vaksinasi.

"Kita membuat pos-pos baik itu pos pengamanan, pos pelayanan, terpadu. Di pos-pos nanti akan kita tempatkan tujuannya memberikan informasi informasi kepada masyarakat," kata Eddy.

"Kemudian jika kita tempatkan kan gerai-gerai vaksin sehingga masyarakat akan vaksin, bisa vaksin di tempat pos-pos itu. Nah pos-pos ini akan ditempatkan di tempat-tempat keramaian wisata kemudian juga tempat-tempat ibadah, rest area, kemudian tempat-tempat kerawanan lainnya," pungkas Eddy.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X