Wah! Virus Baru Muncul di Tiongkok, Bisa Membunuh Hitungan Jam

- Rabu, 25 Maret 2020 | 13:16 WIB
Ilustrasi virus. (Unsplash/@cdc)
Ilustrasi virus. (Unsplash/@cdc)

Saat ini, dunia masih belum pulih dari hantaman Virus Corona COVID-19. Namun, ternyata ada kabar baru mengatakan bahwa di Tiongkok muncul virus baru yang lebih mematikan. Virus ini dijuluki Hantavirus.

Sebelumnya diberitakan, seorang pria dikabarkan meninggal dunia dalam bus yang ditumpanginya di Tiongkok. Kabarnya, pria ini terinfeksi virus hantavirus.

Mengutip dari media Tiongkok Global Times yang diberitakan New York Post, pria asal Yunnan dan belum terindentifikasi ini meninggal dunia di atas bus saat berangkat ke tempat kerjanya di wilayah Shandong, Tiongkok.

"Dia positif hantavirus. Semua yang ada di dalam bus juga ikut dites," tulis Global Times dalam akunnya.

Apa itu Hantavirus?

Berdasarkan keterangan dari Pusat Pengendalian Penyakit, virus ini menyebar lewat tikus dan lebih mematikan dari Virus Corona COVID-19. Dikatakan bahwa Orang yang terinfeksi akan mati dalam hitungan jam saja.

-
Ilustrasi virus. (Unsplash/@cdc)

Namun para ahli mengatakan kalau hantavirus bukanlah virus baru seperti Covid-19. Biasanya, virus ini tidak menular antara manusia satu ke manusia lainnya.

"Hantavirus pertama kali muncul di tahun 1950 saat perang antara Amerika-Korea di wilayah Korea (sungai Hantan). Ini menyebar dari tikus bila manusia menelan cairan darahnya. Infeksi antara manusia ke manusia sangat jarang," cuit ilmuwan asal Swedia, Dr. Sumaiya Shaikh di Twitter.

"Tidak perlu panik, kecuali kalian ada rencana untuk makan tikus," ucapnya.

Sementara itu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika mengatakan kasus hantavirus sangat jarang terjadi, namun memiliki tingkat kematian rata-rata sebesar 38% seperti yang dikutip dari situs New York Post.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X