5 Tahun Menjabat, Anies Dinilai Ikuti Kerja Ahok Bangun Infrastruktur seperti Firaun

- Jumat, 14 Oktober 2022 | 02:13 WIB
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno (kanan). (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno (kanan). (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyinggung kembali pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal pembangunan infrastruktur yang bisa dilakukan oleh Firaun, dibandingkan membangun manusia.

Hal tersebut sempat dilontarkan Anies sebagai sikap kontranya dengan lawan politik ketika Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017 lalu, yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Kendati demikian, Adi menilai selama 5 tahun memimpin Jakarta, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut justru fokus melakukan berbagai pembangunan infrastruktur di ibu kota.

Baca Juga: 5 Tahun Kinerja Anies Baswedan, PDIP: Gubernur 0 Persen, Cuma Indah di Kata-kata

"Pak Ahok itu kan bangun fisik. Fly over, bikin macam-macam ya untuk mengatasi kemacetan. Makanya muncul istilah 'kalau cuma bangun fisik, Firaun juga bisa'. Jadi yang dibangun tuh manusianya. Saya nggak tahu yang dibangun manusianya itu apa," ucapnya di DPRD DKI, Kamis (13/10/2022).

Jika ingin membangun manusia seperti yang diungkapkan Anies, Adi mengatakan, hal tersebut harus diiringi dengan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS). Namun, indeks kebahagiaan warga Jakarta berada di urutan ke-27 dari seluruh Provinsi di Indonesia.

"Kalau melihat secara umum, kalau membangun manusianya itu kan minimal orang Jakarta bahagia. Kita lihat data BPS, indeks kebahagiaan orang jakarta itu nomor 27. Tentu nggak bahagia," terangnya.

Baca Juga: Soal Relokasi Warga Kampung Bambu yang Rumahnya Dibongkar Dekat JIS, Anies: Tanya KAI Saja

Lebih lanjut, menurut Adi, Anies hanya fokus melakukan pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah membangun trotoar lebar hingga jalur sepeda.

"Mungkin ya revitalisasi trotoar. Katanya sih ini bagian dari sukses Anies. Oke kita apresiasi itu. Kalau jarak tempuh sekilo di Jakarta itu luar biasa. Minimal gak disabet motor kanan kiri atau membangun manusianya ini dengan membangun jalur sepeda," tandas Adi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X