Anies Tanggapi Pernyataan Menkes Terawan yang sebut Semua Pasien Negatif Corona

- Sabtu, 28 Maret 2020 | 15:24 WIB
Kiri: Anies Baswedan. (INDOZONE/Murti Ali Lingga). Kanan: Terawan Agus Putranto. (INDOZONE/Maria Adeline Tiara)
Kiri: Anies Baswedan. (INDOZONE/Murti Ali Lingga). Kanan: Terawan Agus Putranto. (INDOZONE/Maria Adeline Tiara)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka-bukaan, soal virus corona atau Covid-19 di DKI Jakarta. Ini dilakukannya dalam tayangan YouTube Channel milik Deddy Corbuzier, Sabtu (28/3/2020).

Pada salah satu bagian, Deddy sebagai host video bertajuk 'KENAPA CUMA LOE YG BERANI NGOMONG?! JAKARTA SUDAH GAWAT DARURAT!' tersebut, sempat menanyakan perihal perbedaan pernyataan Anies Baswedan dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, terkait virus corona.

"Tapi bukannya Pak Anies sendiri pernah mengatakan jumlah korban segini, pada saat itu saya lupa, sedangkan dokter Terawan (Menkes) mengatakan masih negatif?," tanya Deddy.

"Iya, waktu itu kalau enggak salah 1 Maret (2020), sudah enggak bisa ditahan. Angkanya sudah sangat mengkhawatirkan," jawab Anies.

Dikatakan Anies Baswedan, dia memonitor terus menerus mengenai Covid-19 sejak Januari, Februari, angkanya terus meningkat. Bahkan kata Anies, jumlah orang yang sakit Pneumonia di Bulan Februari itu meningkat tinggi sekali.

"Kan ini (Covid-19) seperti Pneumonia bukan, tapi kita belum tahu positif atau tidak, hasil tes kita tidak bisa tahu. Tapi angka, pada saat itu, saya merasa harus menyampaikan pada rakyat Jakarta, inilah situasi yang dihadapi. Kita harus berhati-harus waspada," tukas Anies.

Anies mengatakan, ia sadar saat itu ia diserang, dibantah pernyataannya.

"Saya enggak takut atas apa yang ditulis di Sosmed, saya lebih memikirkan apa yang akan dituliskan sejarawan besok. Mereka akan melihat nanti pakai data, apa yang kita kerjakan benar atau tidak," tandasnya.

Untuk diketahui, Anies sempat menyampaikan perihal adanya 115 orang dalam pemantauan dan 32 orang dalam pengawasan terkait virus corona di Ibukota. Meski, Anies tidak berani memastikan positif atau tidak. Ini disampaikannya pada 1 Maret 2020 lalu.

Namun, pernyataan Anies dikatakan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto kurang tepat. Terawan menyebut, seluruh tes virus corona yang dilakukan hasilnya negatif.

"Jadi kurang tepat pernyataan itu. Karena semua hasil PCR sampai detik ini negatif. Kalau negatif artiya apa? Ya memang ndak ada. Orang dalam pengawasan juga ndak ada, karena sudah jelas negatif. Maupun pasien dalam pengawasan juga tidak ada. Karena negatif hasilnya. Jadi, saya menyatakan bahwa sampai detik ini hasil pemeriksaan semua bahan yang diperiksa,  untuk semua pasien yang ada, negatif," kata Terawan ketika itu. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X