Xi Jinping dan Putin Pertama Kalinya Siap Bertemu Sejak Perang Ukraina

- Kamis, 8 September 2022 | 18:07 WIB
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin (REUTERS/Sputnik/Aleksey Druzhinin/Kremlin)
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin (REUTERS/Sputnik/Aleksey Druzhinin/Kremlin)

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin diperkirakan akan bertemu minggu depan di Uzbekistan. Untuk pertama kali keduanya akan bertemu sejak Rusia menginvasi Ukraina

Dilansir dari The Japan Times, Xi Jinping dan Vladimir Putin akan bertemu di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Shanghai Cooperation Organisation (SCO) yang berlangsung dari 15-16 September di Samarkand, informasi ini disampaikan langsung oleh duta besar Rusia untuk China Andrey Denisov pada Rabu (7/9/2022), menurut kantor berita pemerintah setempat. 

“Kami merencanakan pertemuan serius para pemimpin kami dengan agenda terperinci, yang sekarang sedang kami kerjakan dengan mitra China kami,” ungkap Denisov kepada awak media.

BACA JUGA: Apes! Gara-gara Suka Pamer Mobil Mewah, Sekolompok Orang Kaya di Rusia Dipenjara

Pertemuan tersebut adalah sinyal terbaru dari hubungan yang tengah memanas antara China dan Rusia, yang sebelumnya menyatakan persahabatan “tanpa batas” di tengah meningkatnya tantangan ekonomi di dalam negeri dan hubungan yang semakin tegang dengan Amerika Serikat dan sekutunya di luar negeri. 

Penulis: Annita Rahmawati Dewi

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X