Tutup P20, Puan Ingin Hasil Summit Jadi ‘New Hope’ bagi Masyarakat Dunia

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 16:49 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani tutup P20. (Dok DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani tutup P20. (Dok DPR RI)

Ketua DPR RI Puan Maharani menutup The 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20), Jumat (7/10/2022). Ia berharap kesepakatan dan hasil pertemuan pimpinan-pimpinan parlemen negara G20 akan menjadi langkah dalam menciptakan harapan baru bagi masyarakat dunia.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh parlemen negara G20 dan negara tamu yang telah hadir selama dua hari ini dan secara aktif telah memberikan kontribusinya,” kata Puan saat menutup P20 Summit di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (7/10/2022).

“Sebagai tuan rumah P20, saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Presiden IPU, Bapak Duarte Pacheco dan para staf yang telah membantu menyukseskan acara ini dan bekerjasama dengan DPR RI untuk menyelenggarakan pertemuan P20 Summit ini,” tambah Puan.

P20 Presidensi Indonesia mengusung tema ‘Stronger Parliament for Sustainable Recovery’ yang sejalan dengan tema Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, ‘Recover Together, Recover Stronger’. Sesuai tema yang diusung, para pemimpin parlamen negara-negara anggota G20 sepakat untuk terus meningkatkan peran parlemen pada tataran global.

Selama dua hari diskusi, para pemimpin parlemen G20 membahas isu-isu prioritas mulai dari pembangunan berkelanjutan, green economy, ketahanan pangan dan energi serta tantangan ekonomi, hingga kesetaraan gender.

“Kehadiran para delegasi pimpinan dan anggota parlemen merupakan wujud komitmen nyata akan semangat untuk memperkuat multilateralisme, dan kerja sama internasional, khususnya melalui kerjasama antar-parlemen,” jelas Puan.

Baca Juga: Bicara di P20, Puan Maharani: Tak Ada Negara yang Bisa Hadapi Gejolak Global Sendirian

Meski di tengah berbagai perbedaan pandangan, pertemuan P20 disebut telah membuktikan bahwa parlemen telah mengedepankan kerjasama internasional, bukannya langkah unilateral. Selama acara dua hari ini, berbagai pertemuan bilateral dan dialog di antara negara partisipan juga dilakukan.

“Pertemuan bilateral dan dialog ini akan berkontribusi bagi terciptanya trust di antara negara-negara dan menambah tingginya komitmen akan kerjasama internasional,” ucap Puan.

Menurut Puan, pertemuan para anggota parlemen dalam kerangka G20 di Jakarta tersebut bertujuan untuk memberikan harapan baru atau new hope. 

Parlemen-parlemen negara G20 ingin menunjukkan optimisme di tengah dunia yang dipenuhi rasa pesimisme dan ketidakpastian karena berbagai tantangan global dan situasi ketidakpastian.

Baca Juga: Buka P20, Jokowi Ajak Parlemen Dunia Kolaborasi Hadapi Persoalan Global

“Pertemuan kita ini merupakan langkah awal bagi kita menciptakan  ?harapan baru ? bagi masyarakat internasional,” ungkap Puan.

Puan pun mendorong parlemen G20 untuk membawa hasil diskusi dalam ruang sidang DPR RI ke ruang sidang parlemen di negara masing-masing. Parlemen negara anggota G20 dinilai juga perlu menerjemahkan apa yang yang dibahas di P20 dalam kebijakan di negaranya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X