The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Buka P20, Jokowi Ajak Parlemen Dunia Kolaborasi Hadapi Persoalan Global
Presiden Jokowi membuka Parliamentary Speakers’ Summit (P20) di Kompleks Parlemen, Senayan (Foto: Dokumen P20)
News

Buka P20, Jokowi Ajak Parlemen Dunia Kolaborasi Hadapi Persoalan Global

Kamis, 06 Oktober 2022 16:18 WIB 06 Oktober 2022, 16:18 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan acara Parliamentary Speakers’ Summit (P20) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/10/2022). Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak semua parlemen dunia, untuk menyelesaikan persoalan global.

“Di tengah tantangan yang berat, yang dihadapi oleh semua negara sekarang ini, penyelenggaraan summit P20 menambah optimisme, bahwa kekuatan masing-masing negara bekerja bersama dan antara negara saling belajar dan berkolaborasi,” kata Jokowi saat berpidato, Kamis (6/10/2022).

Jokowi bilang, bahwa dunia sekarang ini sedang menghadapi tantangan yang sangat berat. Sebab, pandemi belum sepenuhnya berakhir dan konflik geopolitik menimbulkan dampak global, seperti ancaman krisis energi, krisis pangan serta krisis keuangan menghantui semua negara.

Baca Juga: Kunjungi Korban Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Beri Santunan Rp50 Juta per Orang

Kemudian, kata Jokowi, pada saat bersamaan, semua negara akan menghadapi dampak perubahan iklim yang menimbulkan gangguan pada produksi pangan. Alhasil, ancaman kelaparan muncul di depan mata.

“Dalam menghadapi ancaman besar ini, kemampuan dari setiap negara itu berbeda-beda. Ada negara yang mampu bertahan dan memiliki resiliensi yang tinggi, tapi banyak juga negara yang terancam. Jadi, negara gagal yang berdampak pada jutaan warganya serta memperlebar ketidakseimbangan ekonomi global,” tegas Jokowi.

Lebih jauh, Jokowi menyatakan, dalam mengatasi masalah-masalah bersama, semua negara harus bergandengan dan menurunkan ego masing-masing. Meski terkadang ada perbedaan, itu bisa menjadi titik temu dalam pemulihan ekonomi dunia serta mengatasi krisis lebih efektif.

Baca Juga: Bahas Tragedi Kanjuruhan dengan Gianni Infantino, Jokowi: Keputusan di Tangan FIFA

“Karena itu, saya yakin forum parlemen G20 ini menjadi sangat strategis untuk membicarakan agenda-agenda bersama dunia yang memerlukan dukungan politik dari parlemen, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata yang dihadapi seluruh warga dunia,” ucap Jokowi.

“Parlemen G20 adalah representasi suara rakyat, rakyat global yang dipilih dan dipercaya rakyat, yang menjaring dan menyuarakan suara rakyat, dan sekaligus mengajak rakyat bekerja bersama dalam menghadapi tantangan yang sangat berat ini,” tambah Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Mahfud MD Sebut Tragedi Kanjuruhan Akan Diselesaikan Kurang dari Sebulan

Presiden Jokowi di Hari Batik Nasional: Terima Kasih Sudah Melestarikan

Prabowo Gak Mau Tampik Kemungkinan Jokowi Jadi Cawapresnya







TAG
JOIN US
JOIN US