The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral Dokter India yang Sarankan Makan Kotoran Sapi Demi Kesehatan, Tuai Kontroversi
Kiri: Dokter Spesialis anak Manoj Mittal dari Haryana yang sarankan makan kotoran sapi. (photo/Twitter). Kanan: Ilustrasi Sapi. (photo/Pexels/Alex Azabache/ilustrasi)
News

Viral Dokter India yang Sarankan Makan Kotoran Sapi Demi Kesehatan, Tuai Kontroversi

Sabtu, 20 November 2021 22:58 WIB 20 November 2021, 22:58 WIB

INDOZONE.ID - Belakangan ini viral sebuah video yang memperlihatkan seorang dokter yang mengklaim bahwa memakan kotoran sapi bermanfaat bagi kesehatan. Hal tersebut pun menuai kontroversi.

Dokter Spesialis anak Manoj Mittal dari Haryana, India, membagikan video di media sosial (medsos) sambil memuji manfaat kotoran sapi.

Mittal terlihat memungut kotoran sapi dari tanah, di tempat yang tampak seperti kandang sapi, memecahkan sepotong dan memasukkannya langsung ke mulutnya. Dokter menjelaskan manfaat makan kotoran sapi dan selanjutnya berbicara tentang manfaat minum air seni sapi.

Mittal mengklaim bahwa praktik tersebut akan mencegah beberapa penyakit. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa wanita harus makan kotoran sapi untuk melahirkan normal sehingga mereka tidak harus memilih operasi caesar. 

Baca juga: Hubungan dengan Sang Ayah Retak, Adele: Itu Semua Karena Alkohol

"Setiap bagian dari Panchagavya yang diperoleh dari sapi sangat berharga bagi umat manusia. Lihat, jika kita makan kotoran sapi, maka tubuh dan pikiran kita menjadi murni. Jiwa kita menjadi murni. Begitu memasuki tubuh kita, itu memurnikan tubuh kita," ujarnya pada video tersebut.

Awal tahun ini, selama gelombang kedua pandemi Covid-19, dokter nasional telah memperingatkan warga agar tidak memiliki kotoran sapi untuk menangkal virus setelah ada beberapa insiden yang dilaporkan.

Mereka mencontohkan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan manfaat mengkonsumsi kotoran sapi untuk menangkal penyakit dan malah berisiko menyebarkan penyakit lebih lanjut.

Ungkapannya tersebut menimbulkan kontroversi publik, namun sebagian orang memujinya karena memeluk pengobatan tradisional India.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US