The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Polres Majene Musnahkan 256 Knalpot Bising, Ada yang Harganya di Atas Rp2 Juta
Pemusnahan knalpot bising (Dok. Polres Majene)
News

Polres Majene Musnahkan 256 Knalpot Bising, Ada yang Harganya di Atas Rp2 Juta

Selasa, 13 April 2021 13:12 WIB 13 April 2021, 13:12 WIB

INDOZONE.ID - Satlantas Polres Majene, Sulawesi Barat, memusnahkan ratusan knalpot yang mengeluarkan suara bising, menggunakan alat berat.

Alat berat dikerahkan menggilas 256 knalpot yang bersuara bising tersebut. Knalpot tersebut berasal dari hasil operasi selama 4 tahun terakhir.

"Hari ini, kami melakukan pemusnahan 256 knalpot bersuara bising yang merupakan hasil operasi yang dilakukan selama empat tahun terakhir," kata Kasat Lantas Polres Majene Inspektur Polisi Satu Andi Rady, dikutip dari Antara, Selasa (13/4/2021).

Andy menegaskan kendaraan bermotor dengan kapasitas mesin 175 cc, maksimal suara knalpot adalah 90 db. Untuk kendaraan di atas 175 cc, maksimal adalah 93 db.

"Lebih dari itu melanggar," tegas Andy Rady.

Andy mengatakan pemusnahan knalpot tersebut telah disetujui oleh para pemilik knalpot. Mereka sadar dengan perbuatannya dan bersedia mengganti dengan knalpot standar.

Padahal, ada knalpot bersuara bising tersebut yang harganya lebih dari Rp2 juta.

"Perlu dicatat, ini bukan barang bukti sebab jika barang bukti pasti ada lanjutan proses hukum," tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Majene AKBP Irawan Banuaji mengatakan pemusnahan itu dilakukan untuk menciptakan kenyamanan di tengah masyarakat karena suara knalpot bersuara bising tersebut sangat mengganggu.

"Pemusnahan ini tentu bukan jaminan tak terulangnya lagi pelanggaran serupa, karena semuanya dikembalikan lagi kepada pengendara itu sendiri," ujarnya.

Kapolres menegaskan, selama pelaksanaan Operasi Keselamatan Siamasei 2021 yang akan dilaksanakan selama dua pekan, yakni mulai 12-24 April 2021, Polres Majene akan terus melakukan operasi pembubaran balapan liar di semua titik.

"Kendaraan yang kedapatan digunakan balap liar akan kami kandangkan hingga usai Ramadan. Kami juga mengimbau masyarakat agar selalu mengawasi anak-anaknya agar tidak melakukan aksi balap liar," tuturnya.

"Begitupun dengan penggunaan knalpot bersuara bising, kami meminta peran orang tua agar mengingatkan anaknya sebab menggunakan knalpot bersuara bising, bukan hal keren, apalagi biaya modifikasinya tidak murah," kata Irawan Banuaji.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US