Bukan Samarinda Atau Balikpapan, Di Mana Lokasi Pasti Ibu Kota Baru?

- Kamis, 22 Agustus 2019 | 18:51 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
(photo/ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Bambang Brodjonegoro selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas mengatakan, ibu kota baru tidak akan dibangun di Samarinda atau Balikpapan.

"Ya pokoknya di tempat yang belum ada kegiatan, maksudnya tanah kosong. Jadi lokasinya (ibu kota baru) bukan di Samarinda atau Balikpapan, itu kota yang sudah berjalan ya," kata Bambang usai menghadiri diskusi media Manajemen Talenta di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

Dia menjelaskan, nantinya ibu kota baru akan dibangun di lahan yang masih kosong dan memiliki akses mudah dan cepat seperti pelabuhan dan bandara yang sudah ada.

Hal itu dilakukan agar pemerintah tak ikut membangun pelabuhan dan bandara ketika memindahkan ibu kota.

"Ini kita kan membangun kota ini harus efektif dan efisien. Jadi kita akan manfaatkan bandara yang sudah ada, pelabuhan yang sudah ada, jadi tidak perlu membangun bandara baru hanya untuk kota tersebut, itu intinya," jelas Bambang.

"Jadi kota baru, dari dulu kita ngomongnya kota baru. Bukan kota yang sudah berjalan. Kota baru, dibangun terletak dekat dengan kota yang sudah existing, yang sudah ada infrastrukturnya gitu loh. Jadi tanah kosong, tapi bukan tanah kosong yang jauh dari mana-mana. Dia tanah kosong yang tidak terlalu jauh dari kegiatan kota yang fungsional," tegas Bambang.

Sebelumnya Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengungkapkan, lokasi ibu kota baru Indonesia ada di Kalimantan Timur.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X