Jokowi: Pelajari Pemindahan Ibu Kota dari Negara Lain

- Selasa, 6 Agustus 2019 | 13:26 WIB
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memastikan Ibu Kota Negara bakal pindah dari DKI Jakarta ke Kalimantan.

Untuk itu, Jokowi mengarahkan beberapa pihak terkait pemindahan ibu kota pemerintahan untuk mempelajari hal itu dari sejumlah negara yang telah melakukannya.

"Saya juga minta agar pengalaman negara lain dalam pemindahan ibu kota juga dipelajari, faktor-faktor apa yang jadi hambatan sehingga kita bisa antisipasi sedini mungkin," kata Presiden dalam sambutan pembukaan rapat terbatas bertopik Pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Jakarta pada Selasa (6/8/2019).

Menurut Presiden, pemerintah juga dapat mengambil kunci keberhasilan negara lain dalam pemindahan ibu kota sehingga dapat diadaptasi oleh Indonesia.

Seperti diketahui, Jokowi sudah memantau dua tempat yang berpotensi sebagai lokasi Ibu Kota Negara, yaitu Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur) dan Kabupaten Gunung Mas (Kalimantan Tengah).

Namun, Ia belum mengungkapkan provinsi mana yang bakal dipilih. Jokowi berjanji akan menyampaikan secara resmi Ibu Kota Negara yang baru pada Agustus 2019.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X