Ini Penampakan Planet Mars yang Dikirim Pesawat Luar Angkasa Milik China

- Sabtu, 6 Februari 2021 | 16:40 WIB
Penampakan planet Mars yang difoto pesawat Tianwen-1. (photo/CNSA)
Penampakan planet Mars yang difoto pesawat Tianwen-1. (photo/CNSA)

Pesawat luar angkasa China, Tianwen-1 akhirnya mengirimkan foto pertama planet Mars setelah 6 bulan meninggalkan Bumi. Kabar ini disampaikan oleh badan antariksa nasional China di situsnya, saat misi tersebut bersiap untuk mendarat di Planet Merah akhir tahun ini.

Tianwen-1 diluncurkan pada Juli 2020 lalu. Pesawat tanpa awak itu diharapkan memasuki orbit Mars pada sekitar 10 Februari mendatang.

Melansir dari AFP, Sabtu (6/2/2021), foto Mars hitam putih itu menunjukkan fitur geologi termasuk kawah Schiaparelli dan Valles Marineris, hamparan ngarai yang luas di permukaan Mars.

CNSA mengatakan, foto itu diambil sekitar 2,2 juta kilometer dari Mars. Saat ini pesawat itu berada pada jarak 1,1 juta kilometer dari Mars.

Badan antariksa China itu mengatakan, pesawat robotik itu menyalakan salah satu mesinnya untuk "melakukan koreksi orbit" pada Jumat (5/2) dan diperkirakan akan melambat sebelum "ditangkap oleh gravitasi Mars" sekitar 10 Februari.

Tianwen-1 seberat lima ton tersebut mencakup sebuah pengorbit Mars, pendarat, dan penjelajah yang akan mempelajari tanah planet Mars. Wahana itu diharapkan akan mendaratkan penjelajah pada Mei mendatang di Utopia, cekungan besar di Mars.

CNSA menyatakan bahwa semua sistem pada Tianwen-1 saat ini berada dalam kondisi baik.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X