Bantah Kewarganegaraan Ganda, Orient Riwu Kore Tegaskan Dia 100% WNI

- Sabtu, 6 Februari 2021 | 09:52 WIB
Orient Riwu Kore (ANTARA/Kornelis Kaha)
Orient Riwu Kore (ANTARA/Kornelis Kaha)

Bupati Sabu Raijua terpilih Orient Patriot Riwu Kore menegaskan bahwa dirinya 100% merupakan warga negara Indonesia (WNI).

"Saya berkewarganegaraan Indonesia," katanya usai menemui Kapolda Nusa Tenggara Timur Irjen Pol. Lotharia Latif di Markas Polda NTT, Kupang, Jumat siang (5/2/2021).

Orient sempat menuai polemik karena disebut merupakan WN Amerika Serikat dan bahkan masih memegang paspor AS.

Orient mengaku tujuannya mencalonkan diri dalam Pilkada Sabu Raijua adalah karena amanah dari orang tuanya.

"Minta maaf sebelumnya terkait kewarganegaraan sudah ada yang mengurus. Saya bukan warga negara lain atau bukan berkewarganegaraan ganda," katanya menegaskan.

Sementara itu, Kapolda NTT Irjen Pol. Lotharia Latif mengatakan bahwa pertemuan tersebut tidak hanya dengan Orient Patriot Riwu Korea, tetapi juga melibatkan KPU Provinsi NTT dan KPU Kabupaten Sabu Raijua.

"Kami tidak berbicara lebih jauh soal kewarganegaraan. Kami hanya membahas keamanan dan ketertiban di Sabu Raijua," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua menerima konfirmasi dari Kedutaan Besar (Kedubes) AS bahwa Orient Riwu Kore masih berstatus warga negara Amerika Serikat (AS).

"Pihak Kedubes AS di Jakarta sudah memberikan konfirmasi dan membenarkan bahwa yang bersangkutan masih berkewarganegaraan AS," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua Yugi Tagi Huma.

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh juga membenarkan bahwa Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient P. Riwu Kore memiliki paspor sebagai warga negara Amerika Serikat.

Namun, kader PDIP itu tidak melepaskan statusnya sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X