Menristekdikti Kenalkan Rektor Asing Pertama di Indonesia

- Senin, 26 Agustus 2019 | 15:58 WIB
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir memperkenalkan rektor asing pertama di Indonesia yang berasal dari Korea Selatan. Beliau adalah Jang Youn Cho, yang akan memimpin Universitas Siber Asia ke depannya. "Pertama kali rektor asing yang masuk di Indonesia yaitu di Universitas Siber Asia yang diselenggarakan Universitas Nasional Jakarta," kata Nasir di Bali, Senin (26/8).

Universitas Siber Asia merupakan kerja sama Universitas Nasional dengan Hankuk University of Foreign Studies Korea, dan tercatat sebagai lembaga pendidikan pertama yang sistemnya berbasis daring (online).

Menurut Nasir, dipilihnya Chou sbagai rektor asing di kampus tersebut dikarenakan memiliki rekam jejak yang bagus dan pernah berpengalaman di dua universitas yang berbeda negara. "Satu pernah memimpin perguruan tinggi di Hankuk University, Korea Selatan dan pernah di Amerika dan sekarang dia menjadi rektor di Universitas Siber Asia ini," kata Nasir.

-
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Dalam kesempatan itu, Natsir menegaskan bahwa pengadaan rektor asing bukan karena tidak ada rasa nasionalisme. Dia justru berharap dengan kehadiran rektor asing bisa memacu kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Universitas Siber Asia, dan meningkatkan minat mahasiswa-mahasiswi asing untuk berkuliah di Indonesia.

"Karena ini Asia, harapan saya mahasiswanya tidak hanya dari Indonesia dan ini ada permintaan bisa dari Asia Tenggara sendiri, Asia Barat, maupun di Afrika, ini ada permintaan, mudah-mudahan ini bisa jalan," kata Nasir.

Untuk pengadaan rektor asing ini sendiri masih dalam tahap percobaan. Selanjutnya, rektor asing baru juga akan dilakukan di sejumlah kampus swasta di Indonesia.

Sementara untuk kampus negeri, pihak Menristekdikti masih melakukan rancangan lebih matang. Namun, Nasir berharap kemungkinan itu bisa tercapai. "Untuk PTN, kami masih memperbaiki peraturan-peraturan yang terkait. Harapan saya mereka bisa berkolaborasi juga untuk meningkatkan kualitas," ujarnya.

Sekilas Tentang Rektor Asing Mr. Chou

Profesor Jang Youn Cho pernah tinggal 17 tahun di Amerika Serikat dan kembali ke Korea Selatan pada 1997. Jang Youn Cho, Ph D, CPA menempuh pendidikan di Hankuk University of Foreign Studies (Highest honor, B.A. in Public Adm.), University of Texas at Arlington (Master of Professional Accounting), dan University of Florida, Fisher School of Accounting, Ph. D. (Accounting).

-
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Pada 1997 hingga 1998, dia menjabat Wakil Ketua Pendiri Dewan Standar Akuntansi Korea. Badan ini merupakan badan pengaturan akuntansi di Korea yang meletakkan dasar transparansi yang lebih baik dalam standar akuntansi Korea. Ada tiga bidang penelitian yang menjadi fokus Profesor Cho, yakni penilaian dan analisis bisnis, kinerja penghasilan, serta akuntansi internasional.

Dia pernah dinominasikan sebagai 10 profesor terbaik selama sepuluh tahun terakhir di Universitas Nebraska-Lincoln. Profesor Cho juga dikenal sebagai profesor pendidikan online pertama di Korea. Dia juga membuka program MBA Cyber ketika masih menjabat dekan Graduate School of Business.

Kemudian ia menjabat sebagai Wakil Presiden Universitas Hankuk Studi Luar Negeri dalam mengisi Cyber University of Foreign Studies. Dia juga telah menerbitkan empat buku, termasuk Teori Mediasi dan Peningkatan Keandalan Informasi Akuntansi Korea. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X